16 Tanda-Tanda Menstruasi Akan Datang

Setiap wanita dewasa normal pasti akan mengalami apa yang namanya menstruasi atau juga dikenal dengan istilah haid. Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari organ kewanitaan yang disebabkan karena sel telur tidak dibuahi.

Pada umumnya menstruasi akan berulang dengan siklus rata-rata 28 hari. Namun ada pula beberapa wanita yang mengalami menstruasi lebih cepat dengan siklus 21 hari dan paling lama hingga 30 hari.

Jika kamu tidak mengalami menstruasi lebih dari siklus tersebut, padahal sebelumnya tidak melakukan hubungan suami istri. Maka ada baiknya kamu perlu mewaspadai hal-hal yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Setiap anak wanita akan mulai mengalami menstruasi pertama atau menarche pada umur yang berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lambat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kelelahan, stress, dan pola makan. Namun, normalnya menstruasi akan muncul pada saat usia pubertas, yaitu antara 11-14 tahun.

Tanda-tanda menstruasi

Gejala Menstruasi Akan Datang – Selfcarer.com

Ciri-Ciri Menjelang Datangnya Haid

Menjelang datangnya menstruasi, biasanya disertai dengan beberapa gejala yang ditimbulkan. Baik dari segi fisik maupun emosi orang tersebut. Akan tetapi, biasanya masing-masing wanita akan mengalami gejala yang berbeda.

Berikut beberapa gejala menjelang menstruasi :

1. Gangguan pencernaan

Menjelang datangnya haid, biasanya akan ditandai dengan adanya masalah pencernaan seperti mual, sembelit, perut kembung atau diare.

2. Perubahan nafsu makan

Tidak hanya ibu hamil, saat menjelang masa menstruasi ternyata juga bisa menyebabkan seorang wanita memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu atau ngidam.

Hal ini dikarenakan berubahnya kadar serotonin yang dipicu oleh kadar estrogen, terutama beberapa hari menjelang datangnya tamu. Serotonin memiliki pengaruh terhadap nafsu makan seseorang.

3. Munculnya jerawat

Biasanya jerawat akan muncul pada bagian muka beberapa hari menjelang haid. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh.

4. Nyeri pada payudara

Jika dalam beberapa hari terakhir payudara kamu terasa nyeri, bisa jadi itu diakibatkan salah satunya karena akan mengalami menstruasi. Biasanya rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya saat haid datang.

5. Mudah lelah dan mengantuk

Mungkin ini merupakan salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh banyak wanita. Menjelang datangnya haid, tubuh kamu akan merasakan mudah lelah.

Selain itu, meskipun hanya melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa dan sudah merasa cukup beristirahat, menjelang masa haid kamu akan menjadi lebih mudah mengantuk.

6. Malas

Beberapi hari sebelum menstruasi biasanya rasa malas untuk mengerjakan sesuatu semakin meningkat. Meningkatnya rasa malas saat menjelang haid juga tidak lepas dari pengaruh faktor mudah lelah sebelumnya.

7.  Mudah haus

Perubahan selanjutnya yaitu kamu akan menjadi lebih cepat haus. Minumlah air putih minimal 8 gelas hari sekali, agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

8.  Sakit kepala

Mengalami sakit kepala sebelum menstruasi merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi. Biasanya sakit kepala akan berangsur hilang saat menstruasi datang. Jika sakit kepala menimbulkan rasa tidak nyaman yang berlebihan, kamu bisa meredakannya dengan mengkonsumsi obat sakit kepala alami.

9. Perubahan Emosi

Menjelang datangnya haid, tanda lainnya yaitu berubahnya suasana hati kamu. Seorang wanita akan lebih mudah merasa gelisah, cepat marah, mudah tersinggung tanpa sebab yang jelas.

Hal ini karena dipengaruhi oleh estrogen menjelang menstruasi terhadap produksi endorfin yang berfungsi untuk menimbulkan rasa senang pada seseorang.

10. Pegal-pegal pada bagian punggung

Bagian punggung merupakan salah satu bagian yang kerap merasakan rasa pegal-pegal yang diakibatkan karena akan mengalami haid. Tidak hanya pegal biasa, pada beberapa wanita bahkan ada yang disertai rasa nyeri.

Selain 10 tanda-tanda di atas, masih terdapat 6 gejala lainnya menjelang datangnya premenstrual syndrome (PMS) :

  • Kram pada bagian perut
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Berat badan menurun
  • Susah tidur saat malam hari
  • Sulit berkonsentrasi

Tips Mengatasi Sakit atau Nyeri Akibat Gejala PMS

Jika kamu merasakan sakit dan masih tergolong ringan, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti mengompres menggunakan air hangat dan melakukan pijatan sederhana pada bagian yang sakit, serta melakukan gerakan olahraga ringan.

Apabila rasa sakit yang ditimbulkan terasa sangat mengganggu, ada baiknya kamu langsung mengkonsultasikan ke dokter untuk diberikan obat pengurang rasa sakit.

Tips Menjaga Emosi Agar Tetap Stabil

  • Berolahraga ringan secara rutin di pagi hari beberapa hari sebelum haid
  • Penuhi kebutuhan cairan
  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol
  • Jika ingin makan camilan, pilihlah camilan yang sehat
  • Hindari stress sebelum masa PMS
  • Hindari perdebatan yang tidak perlu

Leave a Reply