Ini Posisi Tidur yang Baik dan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Jangan pernah menanggap sepele tentang posisi tidur bagi ibu hamil. Ketika janin di dalam kandungan terus menerus membesar, hal ini akan posisi ibu yang sedang tidur menjadi serba salah. Sehingga susah untuk bergerak agar bisa merubah posisi tidur tersebut.

Posisi tidur yang baik dan yang lilarang untuk ibu hamil

Posisi tidur yang baik dan yang dilarang untuk ibu hamil – mencegahpenyakit.com

Bebarapa Posisi Tidur Yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

1.  Posisi tidur menyamping ke arah kiri

Banyak ahli yang menganjurkan untuk ibu hamil agar tidur ke arah posisi menyamping kiri. Hal ini bukan tanpa tujuan, karena ketika tidur menyamping kiri dapat melancarkan sirkulasi darah yang baik, untuk mengarah jantung ataupun yang mengarah kerahim, ginjal, dan janin.

Selain itu posisi tidur menyamping kiri dapat membuat bagian perut atau abdomen menjadi lebih nyaman dan tidak mengganggu organ hati akibat tertekan karena letak hati ada di sebelah kanan.

Ketika tidur dalam posisi menyamping ke arah kiri, hal itu dapat mengurangi bengkak-bengkak di kaki dan di pergelangan kaki serta tangan. Karena posisi tidur menyamping kiri akan membantu kinerja ginjal menjadi leluasa untuk membersihkan darah serta sisa-sisa cairan dalam tubuh. Apabila ginjal menahan sisa-sisa cairan dalam tubuh, hal itu akan berdampak buruk bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan edma.

2.  Menghindari posisi tidur yang telentang

Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ke dua atau setelah bulan kelima. Dianjurkan untuk tidak tidur telentang, dikarenakan dapat menekan pembuluh darah. Tekanan tersebut dapat membuat peredaran darah ke tubuh maupun ke janin menjadi terhambat.

Pembuluh darah atau Vena cava inferior yang tertekan dapat memancing pembengkakan pada tubuh bahkan edma. Vena cava inferior terletak di bawah bagian belakang perut, yang bertugas untuk mengangkut darah yang kotor dari tubuh menuju ke jantung.

3.  Menggunakan bantal

Bukan hanya ibu hamil yang menggunakan bantal agar tidurnya lebih nyaman. Ketika ibu hamil mengalami napas menjadi pendek atau merasa sesak napas, segeralah meletakkan bantal ke bawah samping tubuh agar posisi dadanya naik.

Pada saat ibu hamil mengalami kesakitaan di bagian ulu hati, segeralah meletakkan bantal ke bagian kepala agar posisi badannya menjadi tinggi. Ketika posisi ibu hamil yang setenagah duduk hal itu akan membantu agar asam lambung tidak naik. Kamu dapat menggunakan bantal yang khusus ibu hamil agar dapat membuat tidurnya menjadi nyaman.

sehingga Wajar bila ibu hamil mengalami kesulit untuk tidur nyaman dan nyenyak di malam hari. Karena bebrapa gangguan seperti, bangun pada malam hari diakbibatkan seringnya buang air kecil, sakit pada bagian punggung dan keram di kaki, napas menjadi sesak dan rasa sakit pada ulu hati. Selain itu ternyata stres dapat membuat ibu hamil menjadi kesulitan untuk tidur.

Beberapa langkah yang mungkin dapat membantu kulitas tidur ibu hamil

  • Hindari untuk melakukan oalahraga yang berat ketika telah mendekati waktu untuk tidur.
  • Hindari untuk mengkonsumsi kopi, teh, ataupun minuman yang bersoda karena mengandung kafein.
  • Buatlah rutinitas untuk tidur dan ketika waktu bangun tidur bangulah di jam yang sama setiap harinya.
  • Melakukan relaksasi sebelum tidur, seperti meminum susu
  • Jika sedang mengalami keram pada bagian kaki bahkan sampai terbangun dari tidur. Cobalah untuk menyandarkan kaki ke dinding dan menekannya dengan keras agar menghilangi keram.
  • Dianjurkan untuk mengikuti senam hamil dengan rutin. Hal ini bertujuan agar tubuh menjadi bugar walaupun sedang hamil.

Selain posisi tidur ibu hamil juga harus mempastikan kebutuhan kalsium terpenuhi agar dapat mengurangi keram pada bagian kaki. Selain itu ada beberapa nutrisi yang penting harus terpenuhi, seperti buah, sayurann dan susu.

Beberapa Posisi tidur yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

Posisi tidur yang menyamping ke kanan

Posisi tidur yang menyamping ke arah kanan sangat berbahaya bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan tekanan yang kuat di organ hati ibu hamil jika di diamkan kondisi ini akan menghambat asupan nutrisi ke janin. Dan posisi ini membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman karena pasokan oksigennya mengurang.

Posisi tidur tengkurap bagi ibu hamil

Pada masa awal-awal kehamilan tidur dengan posisi tengkurap masih diperbolehkan. Tapi setelah kehamilannya semakin membasar tidur dengan posisi tengkurap sangatlah berbahaya. Karena dapat menyebabkan janin dalam kandungan tergencet dan bahkan dapat mengancam nyawa janin tersebut.

Beberapa dampak negatif dari tidur tengkurap :

  • Dapat mengganggu pencernaan dan pernapasan sehingga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami kekuarangan oksigen.
  • Mengganggu pasokan oksigen dan nutrisi ke janin, sehingga dapat menyebabkan kematian pada janin.

Posisis tidur mengangkat kaki ke arah atas

Pada saat kehamilan memasuki trimester pertama akan mengalami gangguan seperti, badan terasa berat dan selalu ingin buang kecil. Kebanyakan ibu hamil yang melakukan menepatkan bantal dibawah kaki sehingga kaki menjadi tinggi. Akan tetapi hal itu sangat berbahaya karena menyebabkan ruang pada janin mengecil. Sehingga menyebabkan janin kekurangan oksigen.

Posisi tidur sambil duduk

Pada saat ibu hamil yang mengalami gangguan seperti mulas dan mual. Biasanya ibu hamil akan mencoba untuk tidur sambil duduk agar rasa mualnya berkurang. Tapi ternyata posisi tidur duduk sangat berbahaya, karena dapat miningkatkan tekanan darah menuju jantung.

Nah, sekarang kamu harus memperhatikan posisi tidurmu sehingga janin didalam kandungan menjadi sehat.

Leave a Reply