Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan dalam bahasa medis adalah stomatitis aftosa ( apthous stomatitis ) atau luka pada mulut bagian dalam yang dapat menyebabkan rasa sakit dan mulut pun menjadi tidak nyaman. Luka pada sariawan biasanya memiliki bentuk seperti bulat atau oval, dan memiliki warna kuning ataupun putih dan pada bagian tepinya memiliki warna merah yang diakibatkan oleh peradangan.

cara mengobati sariawan

Cara mengobati sariawan secara alami – hellosehat.com

Lokasi yang dapat terjadinya sariawan biasanya adalah di bagian bibir atau pipi, bahkan di permukaan gigi ataupun di lidah. Jamur sariawan yang tumbuh biasanya berjumlah satu bahkan lebih.

Berdasarkan pada ukurannya, luka yang diakibatkan oleh sariawan dibagi menjadi 3 yaitu, minor, mayor, bahkan herpatiformis.

1.  Luka pada sariawan minor

Biasanya luka tersebut memiliki ukuran dengan diameter 1 cm dan merupakan jenis sariawan yang sangat banyak diderita oleh orang – orang.

2.  Luka pada sariawan mayor

Biasanya luka tersebut memiliki ukuran dengan diameter 2 – 3 cm dan tumbuhnya sariawan ini di lidah bahkan di langi – langit mulut. Sariawan mayor memiliki luka yang lebih dalam dan memiliki bagian tepi yang tak beraturan.

3.  Luka pada sariawan herpatiformis

Herpatiformis, adalah jenis luka yang sangat jarang sekali untuk terjadi. Biasanya luka tersebut memiliki ukuran dengan diameter hanya 1 -2 milimeter dengan kecenderungan untuk tumbuhnya secara berkelompok terdiri dari 10 bahkan 100 luka.

Sariawan pada umunya bukan termasuk penyakit yang menular. Tetapi dalam beberapa kasus, luka pada sariawan yang disebabkan oleh infeksi dari virus. Kondisi tersebut biasanya akan terjadi pada anak-anak, sepert untuk kasus penyakit kaki, mulut, bahkan tangan.

Penyakit sariawan biasanya dialami oleh remaja – remaja yang berumur 10 sampai 19 tahun, hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan mulut. Gejala pada sariawan tidaklah parah bisa di obati dengan pengobatan dari medis dalam jangka waktu 1 sampai 2 minggu.

Penyebab Penyakit Sariawan

Penyebab dari Sariawan adalah akibat jamur Candida Albicans. Jamur tersebut banyak di temukan di dalam mulut dengan jumlah kecil. Walapun dengan jumlah kecil jamur tersebut dapat mengakibatkan sariawan jika pertumbuhan jamur itu sudah tak terkendali lagi. Pertumbuhan jamur yang sadah tak terkendali lagi, hal itu disebabkan kegagalan sistem kekebalan tubuh untuk mengusir mikroba yang buruk. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sariawan :

  • Kerbersihan pada mulut yang kurang di jaga dengan baik.
  • Pemakaian antibiotik dengan jangka waktu yang lama bahkan menggunakan dosisi tinggi, dan pemakaian kartikosteroid bagi penderita asma.
  • Sistem kekebalan pada tubuh mengalami penurunan, misalnya pada orang yang menjalankan kemoterapi.
  • Pemakaian obat-obat yang dapat mengurangi produksi air liur.
  • Pemakaian gigi palus dengan ukuran giginya kurang pas atau gigi palsu tersebut tidak dibersihkan secara teratur.
  • Terjadinya perubahan hormon ketika hamil.
  • Memiliki riwayat penyakit yang rentan terkena sariawan, seperti diabetes, infeksi, kanker, bahkan HIV/AIDS.
  • Perokok, hal ini juga dapat memicu terkenanya sariawan.
  • Kekurangan pada gizi, misalnya zat besi atau vitamin B 12.
  • Mulut yang kering karena pemkaian obat atau memiliki riwayat penyakit tertentu.
  • Sedang menjalankan radioterapi atau kemoterapi.

Gejala – Gejala dari Penyakit Sariawan

Pertama kali, pada saat terkena sariawan terdapat gejala-gejala yang biasanya belum terasa langsung. Tapi gejala-gejala tersebut akan berkembang dengan perlahan-lahan. Sariawan biasanya dapat bertahan berbulan-bulan, berminggu-minggu, atau bahkan dalam hitungan hari. Berikut beberapa gejala dari sariawan yang dapat mengganggu kamu antaranya :

  • Sariawan memiliki luka yang berwarna putih yang biasanya akan muncul di dinding mulut atau di lidah.
  • Mulut akan merasa tidak nyaman.
  • Sariawan dapat memberikan sensasi seperti terbakar pada mulut.
  • Akan mengakibatkan peradangan ringan jika lukanya tergores.
  • Kulit di sudut mulut akan mengalami kemerahan atau bahkan pecah-pecah ( Biasanya untuk pemakai gigi palsu ).
  • Pada bagian tenggorokan dan mulut akan memerah dan terasa sangat perih, sehingga menyebabkan sulitnya untuk menalan makanan.
  • Terjadinya demam ketika sariawan telah menyebar sampai kekerongkongan.

Nah, masih maukah enggan untuk menjaga kesehatan mulutmu ?

Beberapa Cara Untuk Mengobati Penyakit Sariawan

Jika terus dibiarkan terus menerus tanpa adanya pengobatan. jamur Candida Albicans penyebab sariawan tersebut akan menyebar sampai ke bagian organ lainnya, seperti hati, kulit, dan bahkan paru-paru.

Biarpun demikian, hal itu akan lebih banyak terjadi pada penderita HIV atau kanker, yang dimana kondisinya dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan pada tubuh.

Maka dari itu, ketika kamu terkena sariawan dan sakitnya tidak sembuh. Dianjurkan agar kamu sebaiknya untuk memeriksanya ke dokter. Biasanya dokter akan memeriksa mulut pasien dan dianjurkan untuk melakukan tes darah, agar dapat mengecek kemungkinan terkena penyakit lain selain sariawan. Yang dimana penyebabnya penyakit sariawan tersebut.

Beberapa Cara Ampuh Dalam Menyembuhkan Sariawan Secara Alami
Berikut ini beberapa cara alami yang dapat di jadikan untuk obat alami membantu untuk menyembuhkan sariawan pada bibir maupun mulut :

1.  Menggunakan Air garam

Kamu dapat mencoba larutan air garam untuk membantu menyembuhkan sariawan dengan alami atau tradisional. Kamu hanya cukup berkumur -kumur dengan larutan air garam tersebut. Larutan air garam itu dapat menekan pertumbuhan jamur yang menyebabkan sariawan.

2.  Menggunakan Minyak kelapa

Selain digunakan sebagai bahan didapur, ternyata minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan sariawan. Minyak kelapa berfungsi untuk meredam rasa nyeri yang disebabkan oleh sariawan bahkan dapat meredam peradangan.

Kamu dapat memanfaatkan air dari kelapa untuk membantu dalam menghilangkan sariawan pada mulut. Air dari kelapa juga bermanfaat untuk mendingankan tubuh apabila tubumu merasa panas.

3.  Menggunakan Kunyit

Siapa yang menyangka, jika kunyit dapat membantu menyembuhkan penyakit sariawan. Banyak orang yang mengetahui bahwa kunyit hanya digunakan untuk bumbu dalam masakan. Yang harus kamu lakukan untuk mengobati sariawan menggunakan kunyit yaitu, kamu hanya perlu untuk membuat sebuah pasta dari kunyit.

4.  Menggunakan Daun basil

Daun basil adalah sebuah daun yang sering digunakan sebagai bumbu dalam sebuah masakan. Akan tetapi selain dimanfaatkan sebagai bumbu dalam sebuah masakan, ternyata daun basil dapat digunakan sebagai obat sariawan yang alami.

Caranya kamu hanya perlu untuk merebus daun tersebut sampai mendidih. Lalu berkumur-kumurlah menggunakan air dari daun basil tersebut.

5.  Menggunakan Minyak peppermint

Kamu dapat mencoba menggunakan minyak peppermint untuk obat alami menyembuhkan sariawan. Daun peppermint bermanfaat untuk membantu meredakan rasa sakit dan perih yang diakibatkan oleh iritasi sariawan.

Penggunaan minyak peppermint untuk obat sariawan yaitu dengan mengoleskan minyak tersebut ke bagian mulut yang terkena sariawan. Gunakanlah minyak peppermint 2 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang optimal.

6.  Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih ternyata tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Akan tetapi bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Hal itu disebabkan oleh sifat antiseptik yang terkandung dalam bawang putih. Kandungan antiseptik dalam bawang putih akan membantu untuk melawan jamur yang menyebabkan sariawan.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan memotong atau mengiris bawang putih serta bersihkan bawang putih tersebut. Lalu tinggal dioleskan kebagian mulut yang teserang sariawan.

7.  Menggunakan madu dan pisang

Kamu dapat mencoba menggunakan campuran dari madu dan pisang untuk dijadikan bahan alami mengatasi dan menyembuhkan sariawan. Untuk cara penggunaannya ternyata cukup mudah yaitu, dengan menghaluskan pisang dan selanjutnya ditambahkan madu secukupnya. Dan terakhir tinggal oleskan ke bagian mulut yang terserang sariawan.

Berikut tadi adalah beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Akan tetapi jika sariawannya tak kunjung sembuh sebaiknya periksalah kedokter agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply