12 Khasiat Propolis Untuk Penyakit Jantung dan Tipus

Siapa yang tidak mengenal lebah. Lebah yang sudah lama dipercaya dapat memberikan khasiat. Hal ini juga diperkuat di dalam al-quran dan taurat bahwa lebah memiliki banyak khasiat yang berguna bagi manusia. Lebah yang kita kenal ternyata tidak hanya memproduksi madu. Selain memproduksi madu lebah juga menghasilkan senyawa lengket yang berwarna coklat kehijauan yang biasa disebut propolis. Khasiat propolis dipercaya memiliki manfaat sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Khasiat Propolis

Khasiat Propolis

Apa itu propolis?

Propolis adalah sejenis getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon dan aliran getah atau botani lainnya. Yang akan digunakan lebah sebagai cara untuk memperbaiki celah-celah yang ada pada sarangnya. Pada lebah itu sendiri  propolis dijadikan menjadi zat imnune, yang berguna untuk menghindari tubuh lebah tersebut dari serangan bakteri dan virus.

Siapa yang menduga Jika propolis memiliki kekuatan untuk perlindungan dari bakteri dan virus yang sangat luar biasa. Bahkan pernah di uji coba untuk meletakkan tikus yang telah mati disarang lebah. Dan tikus pun di diamkan selama 4 tahun ternyata lebah tersebut tidak mengalami pembusukan.

Fakta dari kandungan propolis

Pada zaman dahulu, bahkan sejak 350 SM sampai sekarang bahwa propolis dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sementara itu dahulu masyarakat kuno hanya memanfaatkan propolis sebagai obat abes atau yang sering kenal dengan bisul. Akan tetapi untuk masyarakat di negara-negara sekarang memanfaatkan propolis sebagai menangkal infeksi dan dapat membantu proses penyembuhan saat luka atau bahkan dapat mengatasi sebuah tumor.

Sama halnya madu, propolis memiliki kandungan yang beragam  yang  dimanfaatkan dalam kesehatan atau bahkan dalam kecantikan. Tetapi bukan hanya itu ternyata propolis memiliki kandungan 300 lebih senyawa kimia. Senyawa kimia yang paling banyak adalah senyawa polifenol. Polifenol sendiri memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk mengatasi penyakit yang ada didalam tubuh. Selain senyawa polifenol terdapat senyawa lain yaitu flavonoid juga berfungsi sebagai antioksidan.

Komposisi propolis pada setiap negara tidak selalu sama. Sebab isi kandungan propolis sangat ditentukan oleh lebah, jenis tumbuhan dan jenis pohon disuatu negara, hal ini yang menyebabkan para ahli mengalami kesulitan untuk menyimpulkan manfaat dari propolis tersebut.

Manfaat Kandungan Propolis Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan sistem imun

Yang sudah diketahui bahwa propolis memiliki sifat perlindungan lebah atas bakteri, hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk menjaga tubuh kita dari serangan bakteri dan virus. Menurut John Diamond MD, propolis akan menstimulus dan mengaktifkan kelenjar tymuts pada tubuh kita, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

2. Mengatasi penyakit tenggorokan dan mulut

Tenggorokan dan mulut sangatlah rentan terhadap tumpukan-tumpukan bakteri dan virus. Hal ini akan berpotensi untuk mendatangkan penyakit-penaykit yang menyerang mulut dan tenggorokan, biasanya infeksi pada mulut dan tenggorokan sering diidentifikasikan sebagai serangan dari kuman.

Dinegara Rusia memiliki sebuah tim riset yang mengatakan, bahwa propolis memiliki zat antibiotik alami yang sangat manjur untuk mengatasi penyakit  mulut dan tenggorokan.

3. Mengatasi  penyakit jantung

Tahukah kamu Bahwa penyakit jantung ternyata termasuk dari salah satu penyebab kematian tertinggi didunia. Diperkirakan angka kematian yang disebabkan dari penyakit jantung berkisar 1,8 juta, hanya untuk di wilayah Asia pada tahun 2014. Namun penyakit jantung ternyata bisa atasi dengan cara melakukan pola hidup sehat, selain itu dapat juga menggunakan propolis. Karena propolis memiliki sifat antioksidan yang mampu mengatasi penyakit radikal bebas yang salah satunya adalah penyakit jantung.

Hasil dari riset seorang Dr. Dari China yaitu Dr. Fang Chu yang menyatakan bahwa propolis sangat baik untuk penderita sakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi didalam darah seperti penyakit jantung.

4. Menurunkan resiko untuk terkenana darah tinggi

Penyakit yang rentan terkena disebabkan oleh radikal bebas yaitu tekanan darah tinggi. Ternyata tekanan darah tinggi, akan berdampak fatal sampai bisa menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi sendiri disebabkan oleh konsentrasi lamak jahat (LDL) didalam darah. Sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar dan sirikulasi darah kenjantung pun terganggu.

Akan tetapi kandungan antiokasidan didalam propolis dapat membantu menurunkan kosentarasi lemak jahat yang tinggi yang ada didalam darah tersebut.

5. Mematikan sel kanker

Siapa sangka bahwa propolis didalamnya memiliki kandungan yang salah satunya adalah zat CAPE. Hal ini ditemukan saat riset kanker dikolombia pada tahun 1991. Zat cape yang terdapat di propolis ternyata mampu untuk mematikan sel kanker, untuk pemakaian zat cape yang teratur dalam 6 bulan ternyata dapat mengurangi pertumbuhan kanker hingga mencapai 50 persen.

6. Menjadi antibiotik alami

Yang mana sudah diketahui bahwa propolis memiliki sifat antibiotik alami yang tidak akan memiliki batas kadaluarsa. Sifat antibiotik dari propolis sangat berguna untuk mengatasi infeksi dari luar maupun dari dalam tubuh.

7. Menghilangkan rasa nyeri

Propolis mengandung biaflavonoid yang didukung dengan kerja vitamin C, yang menyebabkan propolis sanagt efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul dikaki, punggung ataupun ditangan. Hal ini sangat baik jika sedang mengalami cedera yang disebabkan saat olahraga, biasanya produk dari propolis ini digunakan sebagai obat luar yang berbentuk sprei.

8. Meningakatkan regenerasi sel-sel ditubuh

Propolis ternyata memiliki 16 rantai asam amino esensial, yang sangat bermanfaat untuk proses pembentukan sel-sel tubuh atau regenerasi sel tubuh. Pada saat proses metabolisme meningkat akan menyebabkan se-sel tua menjadi tergantikan sehingga dapat membuat sistem imune menjadi lebih kuat.

9. Memperkuat gigi dan tulang

Propolis sendiri mengandung asam amino yang sangat tinggi, serta vitamin D dan mineral yang kompleks. Ini akan membantu regenerasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik, yang bearti kekuatan tulang dan gigi semakin baik, sehingga dapat terhindar dari osteophorosis.

10. Suplemen alami

Penggunaan propolis setiap harinya tidak akan menimbulkan efek samping, maka dari itu propolis cocok untuk menjadi suplemen alami. Karena beragamnya kandungan yang dimiliki propolis seperti vitamin, mineral, asam amino, dan bioflavonid, sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit-penyakit.

11. Mengatasi tipus

Tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang tubuh kita. Dimana propolis yang memiliki sifat anti biotik sehingga propolis sangat baik untuk mengatasi serangan dari virus dan bakteri,  yang tidak sengaja ikut bersama makanan yang dimakan.

12. Obat diare

Bakteri E coli yang membabkan diare. Ternyata bisa diobati dengan propolis yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Propolis

Sebaiknya  berhati-hatilah saat menggunakan propolis, apalagi jika memiliki riwayat penyakit seperti asma. Beberapa ahli percaya bahwa bahan kimia yang terkandung dalam propolis dapat mengakibatkan asma menjadi semakin buruk, dan  yang memiliki alergi pada lebah. Sebaiknya hindari penggunan propolis.

Bagi ibu hamil atau menyusui lebih baik hindari penggunaan propolis karena belum terbukti akan keamanannya.

Leave a Reply