Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Manggis dengan nama latin Garcinia mangostana adalah sejenis pohon hijau abadi yang berasal dari asia tenggara. Pohon manggis hanya bisa tumbuh dihutan daratan yang beriklim tropis. Pohon manggis sendiri bisa mencapai tinggi hingga 7 sampai 25 meter.

Buah manggis disebut juga dengan ratu segala buah. Buah manggis memiliki kulit lembut dan tebal yang memiliki warna ungu pekat untuk melindungi buah putih yang boleh dimakan.

Beberpa ratus tahun dahulu penduduk indonesia telah menggunkan ekstrak kulit manggis untuk ramuan obat luka, demam, diare, sariawan, sembelit dan masih banyak penyakit-penyakit lainnya.

Bahkan kabarnya pada tahun 1800 ratu Victoria dari inggris sampai menawarkan hadiah uang yang banyak untuk seseorang yang bisa membawakannya buah manggis.

Manfaat kulit manggis

Manfaat dari kulit manggis – hellosehat.com

Buah manggis tenyata memiliki kemampuan untuk mengobati banyak penyakit. Hal itu dibuktikan dalam Peniletian dan terbuki bahwa kulit manggis memiliki antioksian yang tinggi. Antioksidan itu adalah xanthone bahkan jumlahnya melebihi dari kekuatan vitamin C dan vitamin E.

Xanthone sendiri memiliki manfaat dalam bidang kesehatan untuk mengatasi penyakit jantung, aterosklerosis,hipertensi dan trombosis. Saat ini siapa yang tidak mengenal khasiat kulit dari manggis ? Bahkan hampir semua tau bahwa dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Beberapa Manfaat dari Khasiat Kulit Manggis

1. Mencegah dan mengobati kanker

Kanker adalah sebuah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel menjadi abnormal membelah tanpa kontrol sehingga dapat menyerang jaringan sel-sel yang lain.

Ternyata terdapat lebih dari 1000 jenis kanker. Dan sebagian besar kanker tersebut diberi nama untuk organ atau sel yang dimana mereka memulainya, misal kanker usus besar mengapa disebut kanker usus bersar ? Karena kanker tersebut dimulai di usus besar.

Beberapa jenis kanker yang dapat dikelompokkan yaitu :

  • Carcinoma

Kanker ini dimulai dikulit atau pada jaringan yang mencakup pada organ internal

  • Sarcuma

Kanker ini dimulai di tulang, lemak, otot, tulang rawan, pembulu darah dan masih banyak lagi. Kanker tersebut menyerang pada jaringan penghubung

  • Luekemia

Kanker ini dimulai pada jaringan pembentukan darah seperti pada sumsum tulang belakang dan dapat menyebabkan sel darah abnormal di produksi dan masukkan kedarah.

  • Lymphoma dan myeloma

Kanker ini dimulai pada sel-sel untuk kekebalan tubuh.

  • Central nervous system cancers

Kanker ini di mulai pada jaringan otak bahkan sampai sumsum tulang belakang.
Akan tetapi ternyata kandungan kulit manggis ternyata dapat mencegah pertumbuhan sel kanker bahkan sampai menghancurkannya, sehingga dapat menghindarkan atau mencegah seseorang yang terkena kanker untuk ke stadium lanjut.

Dengan adanya zat xanthone yang ada pada dalam kulit manggis yang bermanfaat sebagai mencegah proliferasi danapoptosis dapat dijadikan sebagai senjata untuk memusnahkan penyakit kanker. Dibandingkan dengan buah dan obat herbal lainnya dalam mencegah dari kanker, dan dapat dipastikan bahwa khasiat kulit manggislah yang paling ampu.

2. Pencegahan dari penyakit jantung

Penyakit jantung dengan kata medisnya adalah penyakit jantung koroner dimana kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah utama yang digunakan untuk menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh tumbukan kolesterol di pembuluh darah dan proses peradangan yang diduga menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Ada beberapa tanda -tanda yang harus kamu ketahui tentang penyakit jantung koroner :

  • Akan merasa sesak pada bagian dada sehingga mengakibatkan kesulitan dalam bernafas
  • Sering mengalami pusing atu sakit kepala yang berkepanjangan
  • Sering mengalami kesakitan pada bagian sekitar tulang dada dan leher

Jika kamu mengalami tanda-tanda diatas, segeralah untuk memeriksakan ke dokter agar dapat dipastikan apakah kamu terkena penyakit jantung atau tidak. Akan tetapi terdapat cara alami untuk mengatasi penyakit jantung korner.

Hanya dengan menggunkan kulit manggis kamu dapat mencegahnya, hal itu disebabkan karena anti oksidan yang terkandung didalam kulit manggis dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Sehingga penumpukan kolesterol atupun lemak yang terdapat pada pembuluh darah dapat berkurang hingga dapat menghilang.

3. Mengatasi dari diare

Diare atau diarrhea adalah sebuah penyakit saat feses berubah menjadi lembek bahkan cair. Pada umumnya diare disebabkan akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri, virus, dan varasit.

Akan tetapi ini bukan penyakit yang sepele tahukah kamu ? Tahukah kamu. Bahwa penyakit diare telah menduduki peringkat ketiga belas sebagai penyebab kematian disemua umur dengan porsi mencapai sebesar 3.5 persen.

Sedangkan untuk kategori penyakit menularnya diare menduduki urutan ketiga penyebab kematian setlah TBC dan Pneumonia. Hal itu merupakan hasil riset Departemen Kesehatan Indonesia pada tahun 2007. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah daru penyakit diare :

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Tidak meminum air keran dan menjahui makanan yang diragukan kebersihannya
  • Tidak menggabungkan antara makanan mentah dan makanan yang matang
  • Utamakan bahan makanan yang segar.

Disaran untuk menyimpan makanan di dalam kulkas serta hindari menyimpan makanan dibawah paparan sinar matahari.

Akan tetapi ternyata ekstrak kulit manggis mampu untuk mengatasi dari diare. Karena senyawa yang ada dalam kulit manggis sangat baik untuk membantu fungsi pencernaan dalam tubuh serta dapat menghilangkan bakteri penyebab diare.

4. Dapat memanjahkan kulit sehingga mencegah dari penuaan dini

Kulit manggis sendiri sangat dinanti natikan oleh kaum wanita. Karena kemampuan atau khasiat yang terkandung dalam kulit manggis dapat melakukan meremajakan kulit. Hal itu disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada dalam kulit manggis  dapat membantu untuk  mencegah penuaan dini  bahkan dapat meremajahkan kulit. Sehingga kulit akan selalu bersinar dan kencang walaupun usia tidak mudah lagi. Bukan hanya itu ternya kulit manggis dapat membantu melakukan pergantian sel kulit mati sebagai penyebab utama kulit terlihat kusam dan kering.

5. Sistem kekebalana atau imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah sistem sebuah pertahanan tubuh sebagai perlindungan terhadap infeksi atau makromolekul asing. Ternyata kulit manggis sendiri dipercaya dapat membantu sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada didalam kulit manggis.

Bahwa kandungan antioksidan aktif dalam kulit manggis sangat membantu meningkatkan pencegahan dan perlindungan tubuh dari serangan bebrapa penyakit bahkan sampai membuang radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya lainnya.

6. Menurunkan diabetes atau kadar gula

Diabetes (diabetes militus) adalah penyakit jangka panjang yang tandanya diawali dengan naiknya kadar gula darah (glukosa). Glukosa sendiri sangatlah penting bagi kesehatan kita karena merupakan sebagai sumber utama bagi otak serta sel-sel yang membentuk otot. Ada beberapa gejala diabtes yang dialami bertahun-tahun yang harus diketahui :

  • Selalu sering merasa haus
  • Keseringan untuk buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Rasa lapar yang ekstrem
  • Berat badan mengalami penurunan yang sebabnya tidak jelas
  • Berkurangnya massa otot
  • Pandangan menjadi kabur
  • Luka yang sulit sembuh

Apa bila kamu mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat mendeteksi kemungkinan kamu terkena diabetes. Tapi tahukah kamu jika kulit manggis bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membantu menurunkan diabetes atau kadar gula dengan membawa kadar gula tersebut ke dalam darah melalui air kencing.

7. Mengatasi gangguan pada haid haid

Haid adalah siklus wajib yang dialami wanita. Haid adalah proses keluarnya darah didalam rahim karena luruhnya lapisan dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi. Banyak orang yang mengalami kesakitan ketika siklus haid, siklus haid yang datangnya terlambat. Kali ini kamu mencoba memanfaatkan khasiat kulit dari manggis yang terbukti dapat melancarkan siklus haid.

 Beberapa Efek Samping dari Mengkonsumsi Kulit Manggis

Tahukah kamu, Bahwa obat herbal satu ini memiliki efek samping. Akan tetapai kamu tidak perlu takut karena efek sampingnya tidak terlalu bahaya bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa efek samping yang timbul saat mengkonsumsi kulit manggis :

  • Alergi ringan
  • Efek yang dirasakan saat mengalami alergi ringan seperti kulit menjadi merah, membengkak, gatal-gatal, dan bersisik
  • Alergi berat
  • Efek yang dirasakan saat mengalami alergi berat seperti,nyeri sendi dan mual-mual

Leave a Reply