Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Apa Itu Buah Kurma ?

Buah kurma adalah buah yang selalu identik di bulan suci ramadhan. Buah kurma adalah buah yang berasal dari timur tengah, tahukah kamu? Bahwa buah kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, bahkan manfaat mengkonsumsi buah kurma tersebut dapat dirasakan secara langsung ketika mengkonsumsi buah kurma setiap harinya.

Menurut hasil survei medis modern, bahwa telah diakui ketika sedang memakan buah kurma dapat mencegah kanker lambung. Tentu hal ini sangat mengagumkan, karena hanya dengan memakan buah kurma dapat mencegah kanker pada lambung. Apalagi didalam ajaran agama islam siapa yang berbuka dengan kurma maka ia tidak hanya mendapatkan pahala karena mengikuti ajaran baginda rosul, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuhnya.

Manfaat mengkonsumsi buah kurma

Manfaat buah kurma – 4.bp.blogspot.com

Kurma atau dengan nama lainnya (Phoenix Dactylifera). Adalah sebuah tanaman yang termasuk dalam golongan tanaman palma, tanaman palma yaitu seperti kelapa, palem dan lain-lain. Pohon kurma ini memiliki tinggi berkisaran antara 15-25 meter. Dan pohon Kurma itu sendiri memiliki buah yang berwarna coklat dan berbiji tunggal. Pohon kurma itu ternyata berasal dari teluk persia atau yang sekarang lebih dikenal dengan jazirah arab.

Manfaat dari buah kurma adalah untuk menjaga kesehatan. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan zat dan nutrisi yang ada didalam buah kurma itu sendiri. Berdasarkan dari penelitian medis.

Buah Kurma Mengandung Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi konstipasi / sembelit
Konstipasi atau yang sering dikanal sembelit, ketika saat seseorang mengalami susah untuk buang air besar (BAB). Konstipasi ini bisa disebabkan lebih dari satu faktor misal, kurangnya asupan air pada tubuh, kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat, pola makan yang berubah dan kebiasaan untuk menunda-nunda saat ingin buang air besar.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena buah kurma ternyata dikategorikan sebagai makanan pencahar. Untuk mendapatkan manfaat dari buah kurma kamu hanya cukup merendam beberapa butir buah kurma dengan menggunakan air masak pada malam hari. Dan tunggu hingga pagi hari saat kurmanya telah menjadi cair untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Karena buah kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, sehingga bisa untuk meningkatkan pergerakan usus. Sehingga makanan berserta limbahnya bisa lancar.

2. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
Buah kurma memiliki kandungan mineral yang sangat signifikan. Sehingga dapat membuat buah kurma menjadi sebuah makanan super Untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit.

Tulang keropos atau sering disebut osteoporosis, osteoporosis adalah ketika kepadatan tulang mulai menurun sehingga akan membuat tulang menjadi mudah keropos dan rawan retak.

kamu tidak perlu khawatir. karena buah kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang semua bagiannya saling berintegral untuk perkembangan dan kekuatan tulang.

3. Membantu dalam mengobati anemia
Apa itu anemia ? Anemia adalah ketika kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang mengandung homoglobin (protein yang mengandung zat besi ), yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen keseluruh organ tubuh.

Pada saat tubuh kekurangan homoglobin tubuh akan cepat merasa lelah, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas secara optimal. Beberapa gejala anemia yang harus kamu ketahui antara lain :

  • Badan cepat lelah dan selalu meras lemas
  • Detak jantung menjadi tidak beraturan
  • Pusing dan berkunang- kunang
  • Napas menjadi pendek
  • Nyeri pada dada
  • Tangan dan kaki merasa dingin
  • Insomnia / tidak bisa tidur
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kaki menjadi keram

Itu adalah tanda-tanda yang dapat dikenali saat terjadinya anemia. Akan tetapi buah kurma dapat membantu mengobati penderita anemia. Dengan perantara dari zat besi yang tinggi didalam buah kurma akan membantu proses pembentukan kembali sel darah merah. Sehingga rasa yang selalu lelah itu pun akan berkurang dan aktivitas pun dapat dilakukan secara optimal.

4. Mengatasi gangguan pada usus
Gangguan usus atau yang lebih dikenal dalam kesehatan dengan radang usus adalah kondisi di mana usus mengalami inflamasi atau peradangan. Yang harus diperhatikan bahwa inflamasi usus atau radang usus itu adalah penyakit yang berkepanjangan.

Biasanya penyakit ini akan muncul sewaktu-waktu dan menghilang dalam beberapa waktu. Beberapa gejala umum terjadinya radang usus yang harus diketahui antara lain :

  • Nyeri pada bagian perut
  • Tidak nafsu makan
  • Tidak nafsu makan
  • Diare yang bercampur darah dan dapat kambuh sewaktu-waktu
  • Merasa mudah lelah
  • Mengalami demam dan mual-mual

Berikut itu adalah gejala umum radang usus yang harus kamu ketahui. Akan tetapi perlu diingat bahwa gejala-gejala yang akan muncul ketika sedang mengalami peradang pada usus setiap orang pastilah berbeda.

Tetapi ternyata hanya dengan mengkonsumsi kurma terus menerus, dapat membantu pertumbuhan bakteri patologis. Sehingga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus. Bukan hanya itu saja, kurma yang banyak mengandung serat dan banyak mengandung asam amino yang bermanfaat untuk merangsang pencernaan. sehingga membuat fungsi usus lebih efisien.

5. Mengobati dari alergi
Apa itu alergi ? Alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatau yang dianggap sebuah ancaman atau bahaya walaupun sebenarnya itu tidak berbahaya. Biasanya alergi dapat disebabkan oleh, gigitan semut, debu, udang dan lain-lain. Beberapa gejala yang umum saat terkena alergi yaitu :

  • Bersin-bersin
  • Batuk-batuk
  • Napas sesak
  • Iritasi pada kulit
  • Sakit perut bahkan muntah- muntah dan diare

Akan tetapi didalam buah kurma terdapat kandungan belerang organik didalamnya sehingga dapat bermanfaat sebagai obat alergi.

Menurut penelitan pada tahun 2012 senyawa sulfur organik atau belerang organik, dapat memberikan dampak positif bagi penderita alergi. Oleh karena itu mengapa tidak memanfaatkan buah kurma untuk mengobati alergi.

6. Dapat mencegah rematik
Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit yang diakibatkan oleh otot atau persendian mengalami pembekakan. Tapi tahukah kamu bahwa buah kurma dapat mencegah gejala rematik itu.

Hal itu bisa terjadi karena buah kurma mengandung banyak mineral yang mampu menyehatkan otot dan tulang. Sehingga dapat mencegah dari penyakit rematik. Hanya dengan memakan buah kurma sebanyak 15 buah setiap harinya. Maka kebutuhan mineral, kalium,barin ,magnesium dan kalsium dapat terpenuhi dengan stabil.

7. Menjaga agar saraf tetap sehat
Buah kurma yang banyak memiliki vitamin B. Ternyata dapat membantu menyehatkan kesehatan pada fungsi sistem saraf. Bukan hanya itu kandungan kalium yang terdapat didalam buah kurma memiliki manfaat untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan pada aktivitas otak. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap harinya.

8. Menjadi sumber Antioksidan
Antioksidan adalah zat yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri secara alami dapat diperoleh dari luar tubuh. Tahukah kamu. Bahwa buah kurma sendiri merupakan sumber antioksidan. Maka itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap harinya.

Leave a Reply