18 Manfaat Air Putih yang Wajib Kamu Ketahui

Siapa yang Tidak Mengenal Air Putih? Air yang setiap hari kita minum. Banyak orang yang menyepelekan manfaat air putih, padahal faktanya air putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dilihat dari tampilannya yang sederhana, banyak orang yang berpikir bahwa air putih hanya berguna untuk mencegah dehidrasi atau hanya sekedar untuk melepaskan dahaga. Padahal air putih juga memiliki banyak keuntungan lain yang belum kita ketahui.

Manfaat Air Putih
Manfaat Air Putih – squarespace.com

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain untuk melepaskan dahaga, air putih juga memiliki manfaat bagi tubuh kita, antara lain :

  1. Yang pertama, air putih berfungsi untuk menjaga kadar cairan yang ada di dalam tubuh kita, sehingga tubuh kita tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, menjaga sirkulasi ginjal dan yang terpenting untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal
  2. Selanjutnya air putih berfungsi untuk membantu memberikan energi pada otot dan juga berfungsi untuk melumasi sendi – sendi agar tetap lentur apabila terjadi ketidakseimbangan cairan yang dapat memicu kelelahan pada otot kita.
  3. Air putih dapat membantu mengendalikan asupan kalori yang ada di dalam tubuh kita. Untuk orang yang sedang menjalankan diet atau menurunkan berat badan, meminum  air putih sangat dianjurkan dibandingkan meminum minuman berkalori lainnya.
  4. Meminum air putih dapat menjaga kesehatan dan kesegaran kulit kita
  5. Air putih juga dapat melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif yang ada pada tubuh lainnya
  6. Dan terakhir air putih sangat berperan penting untuk membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman dengan cara melalui keringat, urine dan kotoran

 Kebutuhan Cairan Tubuh Manusia Setiap Harinya

Setiap orang memiliki kebutuhan carian yang berbeda-beda. Cairan pada tubuh manusia dapat berkurang melalui urin saat buang air kecil, keringat dan saat buang air besar. Jika dirata – rata untuk kebutuhan cairan wanita dewasa berkisar 8 gelas atau 1,8 liter perharinya. Hal ini sangat disarankan agar tubuh kita tidak mengalami kekurangan cairan, karena kekurangan cairan akan dapat berakibat fatal bagi kesehatan kita.

Sedangkan  kebutuhan cairan pada laki – laki dewasa setiap harinya disarankan untuk mengkonsumsi air putih berkisar 10 gelas atau 2 liter. Mengapa kebutuhan cairan laki-laki lebih banyak dibandingkan wanita? Hal tersebut dipengaruhi karena laki – laki lebih banyak melakukan  aktivitas yang menggunakan otot sehingga otomatis kebutuhan cairannya lebih banyak dengan tujuan agar otot – ototnya tidak cepat mengalami kelelahan.

Selain minuman, makanan juga memberikan peran penting dalam memberikan asupan cairan pada tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi dapat memberikan cairan pada tubuh sebesar 20 persen. Banyak makanan yang dapat menyubang asupan cairan pada tubuh kita. Misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air.

Ada beberapa tanda yang dapat membantu kita dalam mengenali saat tubuh kekurangan cairan, seperti sakit kepala, warna urine yang gelap dan masih banyak lagi.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

1. Penghilang dahaga dan dehidrasi

Dapatkah kita bayangkan kemungkinan apa saja yang dapat terjadi jika kita jarang mengkonsumsi air putih? Tentu kita akan mengalami dehidrasi atau dengan kata lain tubuh mengalami kekurangan cairan. Jika ini terjadi, maka akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan yang paling fatal dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, manfaat dari minum air putih yang paling utama adalah menghilangkan rasa dahaga atau dehidrasi.

2. Dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sekitar 60 % tubuh manusia tediri dari air. Jika kita minum cukup air, maka dapat membantu tubuh dalam mempertahankan kesimbangan cairan. Cairan tubuh berfungsi untuk membantu menyuplai nutrisi kedalam tubuh, mengatur suhu dan masih banyak lagi.

3. Menurunkan berat badan dan mengontrol kalori

Jika berbicara soal diet atau menurunkan berat badan, banyak orang yang rela melakukan program diet ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Bagi yang sedang mejalankan pogram diet dianjurkan untuk minum air putih sebelum makan. Hal itu dapat membantu menimbulkan rasa kenyang, sehingga otomatis konsumsi kalori lebih sedikit dan akan berdamak dalam penurunan berat badan.

4. Meningkatkan energi

Apa Yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan, efek yang akan pertama dirasakan adalah lelah karena otot tidak dapat bekerja maksimal, dan untuk meningkatkan lagi energi, kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

5. Membantu untuk mengeluarkan racun

Tanpa disadari air putih yang hanya dianggap sepele, Ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Dalam hal ini penyakit- penyakit akan ikut keluar bersamaan ketika kita sedang berkeringat ataupun kencing.

6. Membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit

Ternyata hanya dengan meminum air putih yang cukup, dapat memberikan dampak yang positif untuk melembabkan kulit. Sehingga akan membuat kulit terasa segar, lembut, bercahaya dan halus. Hanya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup ternyata dapat mengeluarkan racun penyebab jerewat. Sehingga akan membantu untuk membuat kulit menjadi halus.

7. Menjaga fungsi ginjal

Ada beberapa penyebab penyakit ginjal yang harus diketahui, seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Yang harus kita ketahui bahwa ginjal memproses 200 liter darah setiap harinya, maka dari itu ginjal akan membutuhkan cairan yang cukup untuk membersihkan apapun yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Maka dari itu dianjurkan untuk meminum air putih secukupnya, sehingga akan dapat  terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

8. Mencegah penuaan dini 

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa manfaat dari meminum air putih yang cukup adalah untuk mencegah penuaan dini. Hal itu disebabkan ketika meminum air putih yang cukup, dapat mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Sehingga akan dapat mengahambat penuaan dini. Jadi tidak heran jika banyak artis-artis yang rutin mengkonsumsi air putih secara teratur untuk membantu pencegahan dini.

9. Meningkatkan fungsi otak

Ternyata air putih dapat membantu meningkatkan konsentarsi dan kelancaran sistem saraf pada otak.  Sehingga dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 2 liter dalam satu hari.

10. Menjadi obat saat demam

Ternyata pada saat demam, dianjurkan untuk  meminum air putih sebanyak 1 gelas dalam satu jam. Hal ini akan membuat kita sering kencing, dimana racun-racun yang ada didialam tubuh akan ikut keluar bersamaan dengan air kencing. Sehingga dalam waktu 1 atau 2 hari demam akan turun

11. Melawan beberapa penyakit

Tanpa disadari bahwa mengkonsumsi air putih  yang cukup. Akan membantu untuk melawan penyakit seperti sariawan, panas, dan sakit tenggorokan.

12. Meningkatkan sistem peredaran darah

Didalam tubuh manusia 60 persennya adalah air. Sehingga untuk membantu memperlancar peredaran darah dianjurkan agar mengkonsumsi air putih secukupnya .

Leave a Reply