Daftar Makanan Sehat dan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah suatu momen yang paling ditunggu-tunggukan bagi pasangan suami istri. Maka tak heran jika kebanyakan pasangan suami istri  memiliki daftar makanan sehat sendiri. Kahamilan sendiri adalah  suatu masa yang dimulai dengan pembuahan sel sprema dan sel telur yang akan berakhir dengan persalinan. Lama masa ibu mengandung kehamilan adalah selama 9 bulan 10 hari.

Apalagi masyarakat indonesia yang akan kental dengan mitos. Maka ketika usia kehamilan yang masih muda, akan banyak sekali orang-orang yang mempercayai mitos. Bahwa makanan ini boleh dimakan saat hamil dan makanan itu tidak boleh dimakan saat hamil. Hal itu sebenarnya bertujuan baik agar dapat menjaga kesehatan pada janin.
Tahukah ibu, jika ibu salah mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan membuat ibu kekurangan nutrisi. Hal itu akan berdampak untuk membahayakan kesehatan janin ibu. Maka dari itu mengapa saat ibu hamil urusan makanan pun harus diatur, karena mengingat ada 2 nyawa yang harus dipenuhi asupan gizi dan nutrisinya setiap harinya.

Makanan ibu hami

Daftar makanan ibu hamil – nbcnews.com

Beberapa Makanan yang Dianjurkan Ketika Hamil

1. Sereal 
saat pagi hari seringkali ibu yang sedang hamil megalami masalah dengan makanan yang akan dikosumsinya. Memakan sereal pada pagi hari saat ibu yang sedang hamil itu dianjurkan. Karena sereal banyak mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, dan kalisium yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi janin. sehingga akan dapat mengatasi gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan.

Apalaagi sereal sendiri memiliki aneka varian rasa yang membuat ibu yang sedang hamil menjadi nafsu makan. Maka dari itu makan sereal pada pagi hari depat memberikan energi yang dibutuhan ketika ibu lagi hamil.

2. Minyak zaitun
Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kulit agar kulit tidak kusam. Akan tetapi tahukah ibu jika minyak zaitun baik untuk dikonsumsi ketika ibu yang lagi hamil. Karena minyak zaitun banyak mengandung mineral dan vitamin apalagi vitaminnya pun bermacam-macam. Ada yang berjenis lemak, protein, zat besi, kalori, vitamin A, B1, B2, B3, E, C, asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh, pilifenol, squalene dan masih banyak lagi lainnya.

Maka dari itu saat ibu lagi hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Karena banyak memiliki kandungan yang hampir komplek untuk kebutuhan ibu dan janinnya.

3. Susu
Susu dianjurkan bagi ibu yang sedang mengandung. Karena kandungan yang ada didalam susu dapat mendukung pertumbuhan jaringan baru pada janin dan juga dapat memperbaiki jaringan yang rusak pada janin juga dapat membantu untuk peredaran oksigen kejanin. saat terpenuhnya kebutuhan mineral dan protein maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin iu sendiri.

Terdapat altenatif susu saat ibu yang sedang hamil yaitu susu kedelai. Karena susu kedelai mengandung vitamin C yang cukup tinggi , sehingga dapat memberikan manfaat untuk ibu yang sedang mengandung.

4. Sayur-sayuran dan buah-buahan
Pada usia kehamilan memasuki 3 bulan pertama ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Hal ini dibutuhkan untuk menambah kekebalan dan memerangi dari infeksi. Saat mengkonsumsi makanan sehat yang beragam seperi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Selama ibu dalam masa kehamilan mengkonsumsi buah dan sayuran sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh dan kembangnya bayi yang ada pada rahim ibu. Ibu dapat mengkombinasikan sayuran dan buahannya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Ikan lele
Ikan lele adalah ikan air tawar yang sangat mudah untuk dijumpai di pasar. Tidak sulit untuk mendapatkan macam-macam olahan dari ikan lele ini, misalnya olahan dari ikan lele adalah masakan pecel lele. Akan tetapi banyak orang tua yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk memakan ikan lele. Alasannya adalah karena takut jika nanti anaknya lahir akan seperti lele. Tetapi itu hanya mitos semata.

Tapi tahukah ibu. Bahwa ikan lele memiliki kandungan kolestrol yang rendah dan juga mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Agar ibu dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Akan tetapi ikan lele juga protein dan mineral yang melimpah, sehingga dapat membuat perkembang janin mejadi baik.

6. Kacang – kacangan
Ternyata kacang-kacangan memiliki kandungan yang sangat dbutuhkan dalam perkembangan sistem saraf pada janin. Misal kacang hijau yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan energi dan kekebalan bagi ibu saat lagi hamil muda. Sehingga mengkonsumsi kacang-kacangan sangatlah dianjurkan untuk ibu-ibu yang sedang hamil.

7. Daging tanpa lemak
Mengkonsumsi daging sendiri bagi yang sedang hamil sangatlah untuk dianjurkan. Karena daging sendiri mengandung zat besi, protein, dan masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam daging.
Mengapa mengkonsumsi danging sangatlah dianjurkan, karena daging sendiri memiliki kandungan zinc yang 2 kali lebih banyak, yang mana kandungan zinc ini sangatlah diperlukan saat dalam proses persalinan.

8. Ubi jalar
Ubi jalar adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikosumsi bagi ibu yang sedang hamil. Ubi jalar sendiri mengandung karotenoid dimana karotenoid ini akan diubah menjadi mineral dan vitanim A pada saat didalam tubuh. Akan tetapi saat ibu mengkonsumsi ubi ini ibu harus berhati-hati. Karena ubi itu hanya untuk sekali makan saja dan jangan sampai untuk menghangatkan ubinya kembali.

9. Belut
Sama dengan lele belut juga memiliki mitos, jika ibu-ibu yang sedang hamil memakan belut akan membuat anak yang dilahirkannya menjadi licin seperti belut. Yang bearti anaknya akan susah untuk ditangkap dan bergerak-gerak terus-menerus, akan tetapi itu hanyi mitos. Ternyata belut memiliki kandungan yang hampir sama dengan ika lele, yang sangat bermanfaat bag ibu sedang hamil.

10. Oatmeal
Oatmeal adalah gandum yang digunakan untuk pembuatan sereal. Oatmeal sendiri adalah sumber dari karbohidtrat komplek, sehingga akan membantu ibu yang sedang hamil untuk menjaga agar asupan gizi dan kolestrol dalam darah tetap terjaga. Maka dari itu ibu yang lagi hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi oatmeal.

11. Kepiting
Sama halnya dengan belut dan ikan lele kepiting juga memiliki mitos yang dimana jika ibu yang sedang hamil mengkonsumsi kepiting. Maka anaknya ketika lahir akan suka menggigit, akan tetapi itu hanya mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat indonesia.

Padahal kepiting memiliki manfaat yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi kepiting. Karena akan menyebabkan terkena kolestrol.
Masih ada banyak lagi mitos-mitos yang tesebar dimasyarakat yang belum tentu dengan kebenerannya, sebaiknya percayalah dengan medis jangan percaya dengan mitos-mitos.

Beberapa Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi ibu yang sedang hamil

1. Tape
Mengapa tape dilarang untuk dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil. Karena tape adalah hasil fermentasi dari sebuah singkong, yang dimana dalam pembuatannya menggunakan ragi. Sumua minuman dan makanan yang mengandung fermentasi tidaklah baik dikonsumsi bagi ibu yang hamil, dikarenakan makanan dan minuman yang difermentasi semuanya mengandung alkohol.

2. Sushi
Sushi adalah makanan khas dari negara jepang, mengapa sushi tidak beleh dikonsumsi oleh ibu yg sedang hamil. Hal ini dikarenakan bahan baku dari pembuatan sushi tidak steril atau dengan menggunakan bahan yang mentah. Dampak dari mengkonsumsi sushi saat hamil adalah bisa menyebabkan pembengkakan di saraf kepala janinnya. Berikut bakteri yang sangat berbahya yang ada di dalam sushi antara lain :

  • Bakteri Salmonella
  • Bakteri Coliform
  • Bakteri Taksoplasmosis

3. Mengkonsumsi daging yang berlemak
Mengapa ibu yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi daging yang berlemak. Karena daging yang berlemak dapat menimbulkan kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Daging yang berlemak ini akan berakibat fatal saat melakukan persalinan, karena dapat menyebabkan komplikasi.

4. Buah Nanas
Dikarenakan rasa asamnya mungkin banyak membuat ibu yang sedang hamil muda ingin merasakannya. Padahal di dalam medis mengkonsumsi nanas tidak diperbolehkan apalagi saat hamil muda. Hal ini disebabkan oleh nanas mengandung zat yang bernama bromelain, zat ini akan membuat leher janin menjadi lunak sehingga tidak mampu menampung janin yang semakin lama semakin besar.

Akibat dari mengkonsumsi nanas ketika hamil muda adalah “keguguran”. Selain ternyata nanas juga mengandung alkohol hal ini akan menyebabkan rasa panas pada perut.

5. Pepaya muda
Pepaya yang sudah matang sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil. Akan tetapi jika pepaya itu belum matang atau dalam kondisi muda maka hal itu tidak diperbolehkan. Itu dikarenakan getah yang ada pada pepaya muda dapat membuat kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur. Selain itu pepaya juga memberikan rasa gatal, rasa gatal itu akan dirasakan ibu dan janinnya

6. Buah kapel
Buah kapel ini hampir memiliki bentuk yang hampir sama dengan kiwi dan sawo. Akan tetapi buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Tapi ternyata buah ini tidak boleh dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan jika ibu yang lagi hamil mengkonsumsi buah ini akan berdampak menyebabkan keputihan yang berlebihan.

Berikut tadi adalah beberapa makanan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi saat hamil, semoga bermanfaat.

Leave a Reply