Gerakan Yoga Untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ketika kamu lelah akan rutinitas yang membuat hari-harimu menjadi stress, kamu berpikir mencari sebuah olah tubuh yang tidak hanya untuk menyehatkan, tetapi dapat juga membuat kamu menjadi rileks. Salah satu jawabannya adalah dengan melakukan yoga.

Gerakan yoga untuk pemula

Gerakan yoga untuk pemula yang dilakukan dirumah – sydneycorporateyoga.com

Yoga adalah sebuah aktivitas dari olah tubuh dan pikiran yang harus fokus pada suatu kekuatan. Memiliki fleksibilitas dan pernapasan akan membantu untuk mengingkatkan sebuah kulitas fisik dan mental. Rangkaan gerakan atau postur dan pernapasan ke 2 komponen tersebut adalah komponen utama dalam melakukan yoga. Yoga sendiri telah dilakukan sekitar 5000 tahun yang lalu di india, dan sekarang telah banyak diadaptasi ke dalam beberapa variasi.

Beberapa Manfat Dari Melakukan Yoga

Tidak hanya sekedar untuk menjadi sebuah olah tubuh, yoga sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa daftar manfaat yoga, Sehingga dapat membuat kamu untuk melakukan yoga.

  • Sebagai sarana relaksasi
  • Dapat mengurangi terkena penyakit kronis
  • Dapat membangun fleksibilitas dan sebuah kekuatan di tubuh
  • Dapat meningkatkan keseimbangan
  • Menjadi sarana untuk meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
  • Dapat menurunkan berat badan

Yoga Bagi yang Pemula

Meski sekarang telah banyak buku dan video yang mudah untuk di dapatkan di banyak tempat. Akan tetapi lebih dianjurkan bagi seoarng pemula untuk berlatih yoga dengan didampingi seorang instruktur, kamu dapat mencoba untuk mengikuti kelas yoga dengan peserta lainnya agar dapat saling tolong menolong dalam melakukan gerakan dari yoga.

Kamu dapat mengikuti kelas yoga seperti di pusat kebugaran maupun di studio-studio yang telah menawarkan untuk kelas yoga. Pililah instruktur dan tempat untuk menghindari dari cedera. Sebaiknya sebelum kamu memulai kelas yoga, kamu dapat menanyakan beberapa pertanyan berikut ini :

  • Apakah instrukur yoganya telah berpengalaman ? mempunyai sertifikasi ? sudah berapa lama melatih yoga ?
  • Apakah kelas yoga ini dapat memenuhi bagi pemula ?
  • Apakah kelas yang ada serta instrukturnya telah memenuhi untuk kebutuhan kamu ?

Mungkin dalam benak kamu penuh akan banyak pertanyaan serta kekhawatiran. Karena kamu belum pernah mencoba yoga tersebut, berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang sering ditanya oleh banyak orang saat pertama kali untuk melakukan yoga. :

1.  Apakah terdapat batasan umur tertentu dalam melakukan yoga ?

Tentu saja tidak, bahkan ada yang baru memulai yoga pada umur 70 tahunan. Karena olahraga yoga sendiri dapat dilakukan oleh semua usia termasuk juga anak-anak.

2.  Apakah yoga bisa menimbulkan cedera ?

Cedera ketika melakukan yoga bisanya disebabkan karena peranggan yang terlalu dipaksakan. Akan tetapi resiko cedera tersebut dapat di minimalkan yaitu dengan melakukan yoga didampingi seorang instruktur yang berpengalaman dan sudah memiliki sartifikasi.

3.  Apakah yoga hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman ?

Tentu tidak, justru saat melakukan yoga dapat membantu melatih tubuh menjadi lebih lentur dan bugar. Yoga memang telah diperuntukan untuk orang yang telah terbiasa dalam melakukan gerakan dasar. Untuk seoarang pemula direkomendasikan untuk melakukan yoga hatha, karena gerakan yogi ini memiliki postur yang sangat sederhana.

Beberapa jenis yoga yang dianjurkan agar diikuti

Agar mendapatkan hasil yang paling maksimal dari yoga, tentu kamu harus mengetahui akan pentingnya kesesuaian dan kebutuhan pada kondisi pribadi. Berikut adalah beberapa jenis yoga yang dianjurkan bagi pemula :

  • Yoga Iyengar
  • Yoga Bikram
  • Yoga Ashtanga
  • Yoga Kripalu
  • Yoga Kundalini
  • Yoga Hatha

Beberapa Gerakan Yoga Yang Dapat Kamu lakukan Di Rumah

Yoga saat ini adalah jenis olahraga yang banyak dinikmati, karena selain dapat menjaga kebugaran yoga juga dapat menghilangkan stres. Selain dilakukan ditempat kebugaran ternyata yoga sendiri dapat dilakukan di rumah.

Yoga memiliki banyak manfaat ketika dilakukan rutin secara teratur, seperti mengurangi ketengangan dan stres, meningatkan keseimbangan, dan mencegah bahkan mengurangi resiko dari penyakit kronis seperti jantung dan tekanan darah tinggi.
Berikut ini adalah gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan dirumah :

Tree Pose

Tree pose

Tree pose – 2.bp.blogspot.com

Gerakan ini dapat memberikan manfaat dalam latihan keseimbangan serta kelenturan tubuh. Dengan gerakan, badan berdiri tegak, kemudian satukan tangan seperti posisi saat sedang melakukan doa, terus angkatlah salah satu kakimu, letakkan kaki yang diangkat ke dalam bagian paha. Jagalah pinggulmu agar tetap seimbang, tahan gerakan itu sekitar 30 detik dan lakukan lagi dengan cara bergantian.

Mountain

mountain

Mountain – klikyoga.com

Gerakan mountain ini dapat memperbaiki postur serta kesimbangan, meskipun dilihat tampak sederhana. Dimulai dengan gerakan berdiri tegak dan ibu jari kaki yang menempel serta bagian tumit sedikit merenggang dan posisi tangan berada disamping. Tahan gerakan tersebut selama 30 hingga 1 menit.

Butterfly

Butterfly

Butterfly – 4.bp.blogspot.com

Ketika sedang melakukan gerakan yoga butterfly, pada saat gerakan akan merasa meregangan pada bagian paha dalam serta pinggung dalam. Gerakan ini dimulai dengan posisi duduk dan kaki lurus kedepan, dan kemudan lipat kaki. Terakhir pertemukan telapak kanan kiri dengan kanan tangan ke arah paha bagian dalam, tahan sekitar 1 -2 menit.

warrior

Warrior

Warrior – 3.bp.blogspot.com

posisi warrior ini dapat membantu melatih otot pada bagian bawah, serta dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan stamina tubuh. Posisi warrior juga dikenal menjadi 2 jenis posisi yang yaitu :
posisi pertama, dimulai dengan tubuh berdiri tegak, putar pundak pada suatu sisi, kemudian lebarkan kaki. Sesuaikan dengan arah telapak kaki lalu lekukkan lutut menghadap sisi satunya sejauh 90 derajat. Miringkan kaki pada bagian belakang sebesar 45 derajat. Tahan gerakan tersebut selama 30 detik sampai 1 menit.

Posisi kedua sama seperti posisi pertama yang membedakannya adalah rentangan tangan yang lurus kekiri dan pundak mengarah kekanan, serta telapak tangan yang menghadap ke bawah.

Reclining spinal twist

Reclining spinal twist

Reclining spinal twist – a.espncdn.com

Gerakan ini diawali dengan posisi terlentang, dan kemudan rentangkan tangan kearah samping, serta tarik kaki kiri dan pinggang menuju arah kanan. Letakan telapak kaki kiri yang berada sejajar pada lutut kanan. Tahan gerakan tersebut 10 kali tarik napas.

Agar yoga menjadi aman untuk dilakukan, hindari gerakan yang memaksakan diri sampai rasa sakit. Bila perlu kamu dapat berkonsultasi sebelum melakukan gerakan-gerakan yoga untuk seorang pemula.

Leave a Reply