11 Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Siapa yang tidak menginginkan mempunyai bentuk tubuh yang propesional. Memiliki bentuk tubuh propesional dapat berdampak baik untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu. Banyak yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara menurunkan berat badan atau dengan cara menambah berat badan.

Kelebihan berat badan dan obesitas dapat disebabkan oleh terpendamnya lemak di dalam tubuh. Akan tetapi tidak semua lemak adalah lemak jahat. Lemak berfungsi menyimpan cadangan kalori agar tubuh kita dapat bekerja dengan maksimal.

Energi yang di simpan oleh lemak dapat membantu kamu untuk melakukan aktifitas atau melakukan olahraga yang berat.

Lamak juga berperan penting pada perkembangan otak, sehingga dapat mencegah kamu terkena inflamasi dan pembekuan pada darah.

Cara sehat menambah berat badan

Cara sehat menambah berat badan – west-1.amazonaws.com

Kamu harus bersyukur bahwa di dalam tubuhmu mempunyai lemak baik dengan kadar yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Ada banyak orang yang tidak seberuntung kamu. Jika orang yang kekurangan lemak tubuhnya akan cenderung lebih kurus yang dibawah massa normal.

Berbicara tentang berat badan tentu tidak akan terlepas dengan sistem metabolisme serta nafsu makan. Jika kamu mempunyai masalah dengan nafsu makan tentu akan berimbas ke pada berat badan kamu.

Akan tetapi jika kamu mempunyai masalah dengan sistem metabolisme, sehingga pembakaran kalori menjadi semakin cepat akibatnya kamu akan mengalami kesulitan untuk menambah berat badan meskipun kamu telah makan yang banyak.

Menambah Berat Badan Dengan Alami dan Sehat

1.  Menambah nafsu makan

Nafsu makan

Nafsu makan

Sudah kita ketahui, kebanyakan orang cenderung mempunyai nafsu makan yang rendah. Agar dapat meningkatkan nafsu makan kamu perlu mengkonsumsi obat penafsu makan seperti madu untuk penggemuk badan. Yang terpenting adalah kamu harus makan 3 kali dalam sehari secara teratur.

2.  Perbanyak ngemil

Ngemil

Ngemil

Memperbanyak ngemil adalah cara yang cukup efektif dalam menambah berat badan. Tetapi kamu harus memilih cemilan yang kamu makan pilihlah makanan yang sehat-sehat.

3.  Tidak melupakan sarapan pagi

Sarapan pagi

Sarapan pagi

Banyak orang yang meninggalkan sarapan di pagi hari. Sarapan di pagi hari menjadi hal penting karena sebelum melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan energi, otomatis tubuh kita harus mempersiapkan energi tersebut dengan cara sarapan pagi.

Sehubungan program menambah berat badan kamu harus mempertimbangkan makanan yang kamu makan pada saat sarapan. Kamu dianjurkan untuk memperbanyak makanan yang mengandung nutrisi dan protein, misalnya susu, jus, telur, roti, dan buah-buahan.

4.  Berolahraga atau fitnes

Olahraga

Olahraga

Untuk meningkatkan berat badan kamu bisa mencoba dengan mengikuti program olahraga berat diet. Dengan mengikuti program diet kamu dapat menumbuhkan otot sehingga dapat menambahkan berat badan kamu. Jika kamu rajin fitnes akan membantu penyerapan kalsium sehingga tulang kamu menjadi sehat dan kuat

5.  Mengonsumsi shake atau smoothies

Minuman smoothies

Minuman smoothies

Jika dibandingkan dengan minuman soda, kopi, ataupun minuman berkalori lainnya akan tetapi kualitas gizinya rendah. Kamu dapat mencoba mengonsumsi milk shake ataupun smoothies. Kamu juga dapat menggunakan jus buah atau susu yang telah dibekukan untuk bahan dasar smoothies.

6.  Mengkonsumsi protein yang berkualitas

Protein berkualitas

Protein berkualitas

Untuk menambah berat badan dan juga memperkuat otot-otot, kamu harus memperhatikan asupan protein yang kamu konsumsi. kamu dapat mencoba mengonsumsi makanan yang memiliki kualitas protein yang tinggi misal, daging, ikan, susu, telur, ataupun biji-bijian.

Wajib kamu ketahui, bahwa tubuh membutuhkan sekitar 0,8 gram / berat badan setiap harinya, agar dapat membentuk otot-otot yang baru.

7.  Istirahat cukup

Istirahat cukup

Istirahat cukup

Tips selanjutnya dapat kamu coba adalah dengan mengatur waktu istirahat kamu. Kuantitas dan kualitas tidur dapat mempengaruhi berat badan kamu. Hati itu disebabkan oleh metabolisme dalam tubuh yang kurang bekerja secara sempurna. Jika kualitas istirahat kamu tidak sempurna

Selain akan berdampak buruk bagi metabolisme tubuh, kekurangan tidur akan dapat memancing timbulnya penyakit-penyakit lain yang akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu.

8.  Mengonsumsi air putih sesudah makan

Mengonsumsi air putih sebelum makan

Mengonsumsi air putih sebelum makan

Salala usahakan untuk mengonsumsi air putih dengan teratur sesudah kamu makan. Hal itu agar tubuh kamu dapat menyerap semua kalori lebih banyak lagi.

Disarankan agar tidak mengonsumsi air putih sebelum makan. jika mengonsumsi air putih sebelum makan kamu akan merasa kenyang. Maka dari itu kamu tidak bisa untuk menambah kalori agar bisa menambah berat badan kamu.

9.  Stop merokok

Stop merokok

Stop merokok

Jika kamu seorang perokok, dianjurkan untuk segera berhenti merokok. Karena menurut penelitian, merokok dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh kama. Sehingga membuat kamu sulit untuk gemuk.

10.  Mengunyah makanan hingga halus

Mengunyah makanan hingga halus

Makanan yang telah halus akan mempermudah diserap nutrisinya bagi tubuh. Tidak sampai halus seperti jus. Kamu hanya cukup mengunyah semua makanannnya sampai halus.

11.  Jangan begadang

Jangan begadang

Jangan begadang

Hal satu ini akan merasa sulit untuk tidak dilakukan. Apalagi kamu seorang pelajar yang tiap malam mengerjakan tugas atau yang hobi memainkan hanphone sebelum tidur. Tahukah kamu, bahwa begadang adalah musuh terbesar jika kamu ingin menambah berat badan kamu.

Begadang tidak memiliki efek yang baik bagi tubuh kamu. Justru akan berdampak buruk untuk kesehatan kamu. Begadang pun memiliki resiko terkenana penyakit-penyakit ganas.

Leave a Reply