Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

Memiliki berat badan yang ideal tentu merupakan keinginan semua orang. Maka tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba agar mendapatkan berat badan idealnya. Ada yang melakukan diet dan ada juga yang menggemukan badannya agar mendapatkan berat yang ideal tersebut. Akan Tapi tahukah kamu apakah berat badan yang kamu harapkan sesuai dengan berat badan ideal yang berdasarkan hitungan.

Ada beberapa orang yang belum mengetahui cara untuk menghitung berat badan yang ideal secara benar. Terkadang, ada orang yang mempunyai keinginan agar berat badannya dibawah normal. Tentu ini akan berdampak buruk bagi kesehata. Hal itu bisa terjadi dikarenakan kurangnya wawasan dalam menghitungkan berat badan yang idealnya.

Memiliki berat badan yang ideal sangatlah penting. Bukan hanya untuk meningkatkan kepercayaan diri akan tetapi memiliki berat badan yang ideal dapat menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, hal itu dapat membantu kamu untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Pada saat berat badanmu berlebihan atau dengan kata lain obesitas hal itu dapat meningkatkan resiko untuk terkena penyakit-penyakit serius, seperti jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, batu empedu dan masih banyak lagi. Maka dari itu pentingnya untuk mengetahui berat badan yang ideal secara benar.

Cara untuk menghitung berat badan yang ideal

Cara menghitung berat badan

Cara menghitung berat badan yang ideal – kesehatan.co

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya apakah beratmu telah masuk dalam kategori berat badan yang ideal. Yang perlu kamu ketahui bahwa setiap orang memiliki berat yang idealnya berlainan. Maka dari itu janganlah kamu sekali-kali untuk membandingkan berat badanmu dengan teman, keluarga, teman dan orang lain.

Terdapat rumus yang bisa kamu gunakan sebagai acuan normal atau tidak normalnya berat badanmu.

BB Normal (Kg) = TB (cm) – 100

  • BB           : Berat badan
  • TG          : Tinggi badan

Jadi, jika kamu memiliki tinggi badan 150 cm, kamu cukup memiliki berat 50 kg untuk dibilang normal. Akan tetapi berbeda jika kamu ingin memiliki berat badan yang ideal.

Jika kamu ingin menghitung berat badan ideal, kamu dapat mencoba menggunkan rumus Broca. Rumus Broca ditemukan oleh Pierre Paul Broca, untuk penggunaan rumus ini sangatlah mudah.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Broca

  1. Pria : BDI (kg) = [TB (cm) – 100] – [(TB (cm) – 100) x 10% ]
  2. Wanita : BDI (kg) = [TB (cm) – 100] – [(TB (cm) – 100) x 15% ]
  • BDI : Berat badan ideal
  • TB   : Tinggi badan

Contohnya, jika kamu memiliki tinggi badan 168 cm, maka berat badan yang idealnya adalah 61.2 kg. Berberda ketika ingin memiliki berat badan yang normal dengan tinggi yang sama 168, berat badan normalnya adalah 68 kg.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan ketika kamu memiliki berat badan yang normal, belum tentu kamu dikatakan ideal. Biasanya banyak kaum wanita yang menginginkan memiliki berat badan yang ideal, agar dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Agar mendapatkan berat badan yang ideal, bukan berati kamu harus menjalankan diet ketat. Akan tetapi kamu hanya perlu untuk menyeimbangkan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar pada tubuh.

Selain menggunakan Broca terdapat cara lain untuk menghitung berat badan yang ideal yaitu dengan menggunakan BMI. Body Mass Index adalah perhitungan berat badan dengan menggunakan kalkulasi untuk menentukan apakah kamu tergolong ideal, kurus ataupun gemuk.

Hasil dari penelitian jika BMI kamu terletak pada 25 bahkan lebih akan memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung, osteoarthritis bahkan beberapa jenis kanker. Akan tetapi sebaliknya jika kamu terletak dibawah 18 kamu akan beresiko untuk terkena osteoporosis atau pertanda kamu tidak fit. Dianjurkan untuk BMI kamu tidak melebihi 27 atau kurang dari 18. Lebih baiknya untuk meminta saran ke dokter dalam menjalankan program diet, sehingga badan pun sehat.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Ketika menggunakan rumus BMI ( Body Mess Index) yang biasanya disebut dengan IMT ( Index Massa Tubuh ). Maka kamu dapat mengetahui berapa berat badan idealmu, berikut cara menghitung menggunakan rumus BMI.

BBI = BB (kg) : (TB X TB)

  • BBI = Berat badan ideal
  • BB = Berat badan
  • TB = Tinggi badan

Contoh BB kamu 50 (kg) : (168 x 168 ) = 45 : 282 =  17

Dapat disimpulkan bahwa kamu masuk ke dalam kategori kurus. Karena kurang dari 18, perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat dan imbangi dengan berolahraga.

Kedua rumus tersebut dapat kamu jadikan menjadi referensi untuk langkah mengkalkulasi berat badan kamu. Penting kamu mengetahui berat ideal, karena untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuhmu. Karena telah kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tidak baik untuk kesehtan dan sabaliknya jika berat badanmu kurang juga tidak baik pada kesehatan. Semoga info tadi dapat bermanfaat untuk mengetahui berapa berat badan idealmu.

Leave a Reply