10 Penyebab dan Cara Menghilangkan Stress Dengan Mudah

Kamu pernah atau bahkan sering merasakan perasaan yang mudah marah, frustrasi, gelisah, kesepian, selalu berfikir negatif, dan sulit untuk menenangkan pikiran? Jika kamu pernah merasakan hal itu, bisa jadi kamu sedang mengalami stres.  Sebaiknya kamu segera mencari tahu cara menghilangkan stress yang sedang kamu alami.

cara mengatasi stres

Cara mengatasi stres

Stres adalah hal normal yang akan dialami oleh setiap orang yang dewasa. Stres yang bersifat normal dapat memberikan dampak positif bagi kita, misalnya dapat membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat ketika saat dikejar-kejar deadline atau ditagih oleh atasan kamu.

Namun, yang paling penting adalah jangan sampai kamu mengalami stres yang berkepanjangan, karena akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kamu.

Stres yang terus menerus akan dapat memicu tubuh kamu menjadi mudah terserang penyakit. Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya “mengapa stres dapat menyebabkan penyakit?“. Jawabannya adalah karena stres bukan hanya sekedar tentang perasaan, akan tetapi stres juga dapat memicu reaksi, seperti pembuluh darah menyempit dan tekanan darah meningkat sehingga kamu akan bernapas lebih cepat dari biasanya.

Hal itu disebabkan oleh tubuh yang melepas hormon adrenalin dan kortisol sehingga membuat kinerja jantung meningkat menjadi lebih cepat. Hormon itu dapat meluapkan energi secara percuma. Hal ini menyebabkan kamu akan merasa mudah lelah.

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang mengalami stres akan memburuk. Hal ini akan menjadikan tubuh kita menjadi sulit untuk dapat melawan penyakit. Alhasil kamu akan lebih mudah untuk terserang oleh penyakit.

Pada saat kamu telah terserang oleh penyakit. Ternyata stres memiliki kemungkinan akan membuat kondisi tubuh kamu menjadi semakin parah. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyerang pada saat kamu mengalami stres yang terus menerus :

  • Sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi
  • Asma
  • Depresi
  • Obesitas
  • Disfungsi seksual
  • Diabetes
  • Asam lambung
  • Penyakit Alzheimer
  • Penyakit jantung
  • Penuaan dini
  • Stroke

Lakukan Cara-Cara Ini Agar Dapat Mengendalikan Stres

Penyebab utama dari stres memang tidak begitu jelas. Namun pada umumnya stres akan terjadi ketika kamu sedang berhadapan dengan hal atau situasi baru yang kamu tidak suka atau benci akibat perubahan yang mendadak.

Langkah pertama yang mungkin dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres adalah dengan mengetahui penyebab dari stres itu sendiri. Setelah itu tuliskan atau list apa saja yang dapat memicu kamu menjadi stres sehingga kamu tidak akan lagi bersentuhan akan hal itu.

Langkah kedua adalah melakukan beberapa hal yang dapat memberikan relaksaksi pada tubuh dan pikiran kamu, misalnya :

1. Berkomunikasi

berkomunikasi

Berkomunikasi

Berkomunikasi seperti dengan mengeluarkan semua masalah atau unek-unek. Memendam masalah atau unek-unek dapat membuat kamu menjadi semakin stres. Maka dari itu, lebih baiknya kamu mengutarakan semuanya sehingga dapat melepaskan beban yang kamu alami. Ungkapkan semua unek-unek kamu kepada orang terdekat atau psikolog.

2.Menjalankan Hobi

Melakukan Hobi

Menjalankan Hobi

Ketika kamu sedang mengalami stres berat, cara yang paling mudah untuk menghilangkan stres adalah dengan menjalankan hobi kamu. Hobi merupakan kegiatan yang dimana telah dipercaya dapat memberikan rasa menyenangkan dalam pikiran pada saat orang itu melakukannya.

3.Melakukan Meditasi

Meditasi

Meditasi – chopra.com

Meditasi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan pikiran dan membuat seseorang kembali dapat berkonsentrasi. Maka dari itu meditasi dapat digunakan untuk mengatasi stres yang sedang kamu alami.

Meditasi sendiri mampu membuat pernapasan menjadi lebih teratur, detak jantung menjadi normal dan bahkan mampu membuat tekanan darah menjadi normal. Hal ini tentu saja dapat menurunkan hormon stres yang sebelumnya telah dipompa oleh kelenjar adrenalin. Meditasi juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan seseorang yang sedang mengalami sakit. Berikut ini cara melakukan meditasi yang baik dan benar :

  • Fokus akan pernapasan serta lakukan pernapasan secara perlahan sehingga mudah untuk diatur.
  • Lakukan pemanasan dengan “ stretching ” yang dapat kamu lakukan dengan duduk atau sambil berbaring.
  • Memfokuskan dengan pikiran pada suatu hal misalnya irama pada napas.
  • Lakukanlah meditasi sebelum kamu melakukan aktivitas. Dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari.
  • Kamu dapat mendengar lagu atau suara-suara alam sehingga dapat membuat kamu menjadi rileks
  • Lakukanlah meditasi dengan teratur karena dapat memberikan manfaat bagi tubuh atau pun secara psikologis.

4.Berteriak  Sekeras-Kerasnya

Berteriak

Berteriak

Berteriak dengan lepas dan suara yang sangat lantang adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Karena biasanya orang yang mengalami stres akan merasakan sesuatu hal yang mengganjal pada hatinya. Berteriak dengan suara yang lantang akan membuat kamu menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

5.Berolahraga

Berolahraga

Berolahraga

Olahraga dapat meredakan emosi negatif pada seseorang yang sedang mengalami stres. Hal ini terjadi karena saat melakukan olahraga akan melepaskan hormon serotonin yang dapat membuat seseorang yang sedang berolahraga menjadi merasa senang.

Di lansir oleh Mental Health Foundation bahwa berolahraga sangat baik digunakan untuk mengobati depresi, beberapa olahraga yang mampu mengatasi stres adalah :

  • Menari
  • Jalan sehat
  • Berenang
  • Lompat tali
  • Olahraga outdoor

6.Berlibur

Berlibur

Berlibur

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress yang sedang kamu alami adalah dengan berlibur. Hingga saat ini, berlibur merupakan cara yang sudah terbukti cukup efektif untuk mengatasi stress pada seseorang. Selain bisa menghilangkan stress, liburan juga dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia serta fresh.

Agar liburan dapat terasa lebih menyenangkan, kamu bisa menghabiskan waktu di akhir pekan kamu untuk pergi berlibur bersama keluarga atau kerabat ke tempat yang dirasa menyenangkan.

7.Melakukan Pemijatan

Pemijatan

Pemijatan

Pemijatan sangat baik untuk dilakukan untuk merelaksasikan dan menormalkan tekanan pada darah. Pada saat melakukan pemijatan, kualitas tidur akan terus membaik, sehingga stres yang dirasakan secara perlahan akan berkurang.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa melakukan pemijatan dapat mengatasi bahkan mengusir stres itu sendiri. Karena perubahan dari biokimia oleh tubuh yang didapatkan oleh sentuhan tangan.

Penelitian menghasilkan bahwa ketika melakukan pemijatan, hormon yang menyebabkan stres berkurang hingga 53%. Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan dibuktikan oleh 400 orang wanita maupun pria yang sedang mengalami stres.

8.Aromaterapi

aromaterapi

Aromaterapi

Aromaterapi mempunyai efek yang sangat berpengaruh pada emosi manusia. Sebab indra penciuman adalah indra yang langsung berhubungan dengan sistem limbik yang mengontrol emosi yang ada dalam otak manusia.

Maka dari itu aromatherapi dapat digunakan untuk merangsang emosi pada manusia. Berikut ini beberapa jenis aromatherapi yang dapat kamu coba :

  • Melati, aromaterapi yang mampu menenangkan saraf yang tegang.
  • Ylang-ylang, aromaterapi yang mampu menghilangkan stres.
  • Mawar, aromaterapi yang mampu menghilangkan rasa kecemasan.
  • Lavender, aromaterapi yang mampu memperlambat aktivitas otak akibat pengaruh stres
  • Minyak bergamot, aromaterapi yang mampu membuat otak menjadi lebih tenang.

9.Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Pada tahun 2009 diadakan penelitian oleh University Of Maryland Of Madicine yang menyatakan bahwa: ketika kamu mendengarkan musik favorit selama sekitar 30 menit, hal itu akan mampu melepaskan zat endrophin yang dapat menghilangkan stres dan rasa sakit.

10.Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Cara mengatasi stres yang sangat ampuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B, omega 3, magnesium, asam folat, dan vitamin C. Makanan tersebut adalah makanan yang dapat mengurangi stres.

Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi sangatlah untuk dianjurkan, karena dapat membantu memperlancar fungsi dari memori.

Leave a Reply