Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Ternyata sekarang bukan hanya rambut dan kulit yang harus diperhatikan oleh seorang wanita, agar dapat terlihat lebih menarik, ada bagain kecil diwajah yang berperan penting untuk dapat terlihat menarik bagi seorang wanita. Bagian kecil itu adalah ‘ bibir ‘  bibir ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi seorang wanita agar terlihat menarik.

Semuanya akan menjadi pudar jika bibir mengalami kering dan pecah – pecah, apalagi saat sedang senyum. Maka dari itu seorang wanita dianjurkan untuk tahu bagaimana cara merawat bibir agar kering kering dan pecah-pecah.

Mengatasi bibir kering

Cara mengatasi bibir kering – theloop.ca

Ternyata kulit bibir sendiri berbeda dengan bagian kulit yang lainya. kulit bibir tidak memiliki perlindungan atas sinar UV, sinar UV itu sendiri sangatlah berbahya bagi kulit, dampak negatifnya dapat merusak kesehatan kulit itu sendiri. Selain sinar UV kulit bibir juga tidak memiliki perlindungan ketika saat terjadi perubahan temperatur, angin dan pengaruh AC. Bukan hanya itu ternyata kulit bibir juga tidak memiliki ‘melanin’ atau pigmen warna, pigmen warna itu sendiri berfungsi untuk melindungi kulit.

Dan bukan hanya itu ternyata kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar, yang dapat menghasilkan pelumas alami. Sehingga dapat menjaga kelembaban dibagian kulit itu sendiri, oleh karena itu untuk membantu menjaga kesehatan bibir. Kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi ketika kulit bibir kamu mengalami kering dan pecah-pecah.

Beberapa Penyebab Kulit Bibir Menjadi Kering dan Pecah-Pecah

1. Menjilat bibir

Pada saat bibir kamu kering, mungkin kamu berpikir cara termudahnya adalah menjilat langsung bibir. Akan tetapi itu hanya akan terlihat lembab semata dan kering pun akan datang kembali.

Ternyata tanpa disadari itu adalah kebiasaan yang salah, mungkin kamu akan bertanya-tanya, mengapa bisa menyebabkan kulit bibir kering ? Karena air liur yang terus menerus digosokan ke bibir akan menghilangkan kelembaban alami dari bibir itu sendiri.

2. Penggunaan lipstik

Lipstik bagi seorang wanita adalah hal yang tidak bisa dipisahkan, akan tapi untuk penggunaan lipstik harus diperhatikan. Sekarang pengunaan lipstik yang berjenis ‘matte’ belakangan ini sedang naik daun, tapi tahukah kamu? jika ternyata penggunaan lipstik ‘matte’ ini justru membuat bibir menjadi kering.
Bukan hanya itu masih banyak jenis lipstik yang menjanjikan, bahwa warna lipstik tersebut akan tahan lama, akan tetapi penggunaan lipstik tersebut dapat mengakibatkan kulit bibir kering bahkan dan menjadi pecah- pecah.

3.Sinar dari matahari

Bagian kulit yang ada ditubuh haruslah terlindungi dari sinar matahari, apalagi untuk kulit bibir yang sensitif atau rawan dibandingkan dengan kulit lainnya, jadi kamu dianjurkan untuk melindungi kulit bibir dari serangan sinar matahari. Sinar matahari itu sendiri dapat mengakibatkan kulit bibir menjadi kering dan pecah-pecah, dampak paling fatalnya adalah akan mengakibatkan kulit menjadi terbakar.

4. Mengelupasnya kulit bibir

Pada saat Kulit mengalami pengelupasan itu adalah suatu hal yang wajar, kerena kulit secara alami memiliki kemampuan untuk beregenerasi tanpa terkecuali kulit bibir, ketika kulit bibir kamu mengalami pengelupasan. Mungkin kamu akan tergoda untuk mengelupaskannya secara langsung.

Akan tetapi hal tersebut sebaiknya dihindari, karena ketika saat kamu mengelupaskan kulit bibir pasti kamu  belum tahu dimana kulit yang benar-benar sudah mati dan dimana kulit yang masih hidup. Jika ternyata kamu salah saat mengelupaskan kulit bibir dampaknya adalah kulit bibir akan terluka dan tidak nyaman, Sehingga sebaiknya biarkan kulit bibir kamu megganti sel kulit matinya dengan sendiri.

5. Hindari menggunakan pelembab bibir dengan rasa

Kulit bibir memang tidak bisa melembabkan dengan sendirinya. Ada banyak pilihan produk – produk untuk melembabkan kulit bibir, akan tetapi kamu seharusnya menghindari mengunakan produk pelembab kulit bibir dengan varian rasa, karena akan memicu kamu untuk terus-menerus untuk menjilat bibir, sehingga akhirnya kulit bibir kamu menjadi kering dan pecah – pecah.

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kulit Bibir dan Pecah-Pecah

1. Mengkonsumsi air putih secukupnya

Mengkonsumsi air putih secukupnya, dapat memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan bagi tubuh. Sudah bukan rahasia umum lagi jika mengkonsumsi air mineral secukupnya, akan dapat menjaga kesehatan bagi tubuh, karena didalam tubuh manusia 60 % adalah air.

Tidak terkecuali dengan bibir, jika tubuh dalam konidisi sehat tidak dalam dehidrasi maka kondisi bibir kamu akan tetap segar dan tidak kering bahkan pecah-pecah.

2. Menggunakan pelembap bibir

Karena kulit bibir tidak memiliki kenjar minyak, menyebabkan kulit bibir tidak bisa melembabkan dengan sendirinya dan diperlukan penggunaan pelembap kulit bibir tambahan setiap harinya. Kamu bisa menggunakan produk pelembab kulit bibir yang berbahan potroleum atau beeswax, yang dapat menjaga kelembapan kulit bibir dan masih banyak pilihan pelembap kulit bibir lainnya, Misal penggunaan salep dari minyak kelapa.

Akan tetapi harus diperhatikan agar tidak mengunakan pelembap bibir dengan varian rasa, karena akan mengundang kamu untuk menjilat bibir terus menerus, sehingga akan berdampak kulit bibir menjadi kering dan pecah – pecah.

3. Perlindungan dari sinar matahari

Ternyata  sinar matahari adalah hal yang harus dihindari atau dilindungi. karena sinar matahari ketika paparannya langsung terkena kulit apalagi jika terkena kulit bibir, akan membuat kulit bibir tersebut menjadi terbakar, maka dari itu dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung SPF, agar paparan langsung dari matahari tidak langsung terkena kulit bibir.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasi kulit bibir yang kering bahkan pecah-pecah, maka dari itu kamu dianjurkan untuk menghindari beberapa hal yang akan mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Agar senyum kamu semakin menawan dan menarik.

Leave a Reply