Cara Mengatasi Anemia Dengan Makanan Penambah Darah

Jika kamu sering merasa lelah dan lemas, kemungkinan tubuh kamu mengalami kekurangan darah. Maka itu dengan mengkonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung zat besi dapat kamu jadikan solusi.

Penurunan pada sel darah merah yang ada di dalam tubuh, hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya supply zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada saat kurangnya zat besi, maka tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin dengan cukup.

Cara mengatasi anemia

Cara mengatasi anemia – nusantaranews.co

Hemoglobin adalah substansi pada sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen menuju ke semua jaringan yang ada di tubuh. Sehingga ketika kamu mengalami kekurangan kebutuhan zat besi maka akan menyebabkan kamu menjadi lelah dan lemas.

Sumber Zat Besi Untuk Penambah Darah

Ada 2 bentuk zat besi yang akan diserap oleh tubuh dari makanan yang kamu makan :

Heme : heme adalah berasal dari hemoglobin, yang biasanya akan ditemui pada bahan makanan seperti, ikan, daging merah, dan daging unggas.

Non – heme : non heme biasanya ditemui pada bahan makanan seperti, bayam, sayur berdaun hijau, dan kentang

Heme adalah jenis zat besi yang mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan zat besi non heme yang asalnya dari sumber nabati. Penyerapan akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti, tomat, mangga, brokoli, dan jeruk.

Beberapa buah-buahan yang dapat digunakan untuk menambah sel darah merah

1.  Buah jambu biji

Buah jambu biji

Buah jambu biji

Kebanyakan mengatakan jika buah-buahan yang mengandung vitamin C paling banyak adalah jeruk. Tapi, tahukah kamu. Jika buah jambu biji mempunyai kandungan vitamin C dua kali lebih banyak di bandingkan dengan buah jeruk.

Vitamin C memberikan peran yang sangat penting dalam hal memproduksi sel dara merah untuk tubuh. Bukan hanya itu, buah jambu biji juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

2.  Buah jeruk

Buah jeruk

Buah jeruk

Buah jeruk memang terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Akan tetapi, ternyata selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga mengandung asam float. Asam float sendiri sangat berperab penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Sehingga tak heran jika buah jeruk sangat di anjurkan bagi penderita anemia.

3.  Buah lemon

Buah lemon

Buah lemon

Sama halnya dengan buah jeruk, buah lemon juga sangat kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan dalam zat besi. Sehingga buah satu ini dapat di anjurkan untuk di konsumsi bagi penderita anemia. Biasanya dalam penerapannya buah lemon sering ditambah dengan cuka dari apel.

4.  Buah apel

Buah apel

Buah apel

Buah apel adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Selain itu juga buah apel mengandung banyak zat besi, yang mana zat besi dapat meningkatkan kadar dari hemoglobin yang ada dalam darah.

5.  Buah alpukat

Buah alpukat

Buah alpukat

Banyak orang yang mengatakan bahwa buah alpukat mengandung lemak di dalamnya. Tapi lemak yang terkandung pada buah alpukat adalah jenis lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu buah alpukat memiliki kandungan yang kaya dengan zat besi, sehingga baik di konsumsi jika kamu penderita anemia.

6.  Buah mangga

Buah mangga

Buah mangga

Buah mangga memiliki kandungan sekitar 60 mg Vitamin C sehingga dapat memenuhi harian tubuh. Buah mangga mengandung antioksidan yang banyak, sehingga sangat berguna untuk yang lagi sakit untuk memperbaiki kekebalan tubuhnya.

7.  Buah semangka

Buah semangka

Buah semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang banyak di dalamnya. Selain itu buah mangga juga mengandung Vitamin A. Sehingga dapat membantu mengatasi masalah anemia. Hanya dengan mengkonsumsi buah semangka, tubuh kamu menjadi sehat dan mudah untuk diserap.

8.  Buah pepaya

Buah pepaya

Buah pepaya

Buah pepaya adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi agar dapat menghindari kamu terkena anemia. Hal itu disebabkan oleh kandungan vitamin A dan vitamin C serta asam float yang ada di dalam buah pepaya.

9.  Daging yang berwarna merah

Daging yang berwarna merah seperti daging babi dan sapi itu banyak mengandung zat besi yang berjenis heme. Dimana akan mudah diserap oleh tubuh. Sumber terbaik adalah hati hewan karena dapat meningkatkan vitamin B dan kadar zat besi. Menurut hasil USDA hati sapi bisa memenuhi 600 % kebutuhan zat besi dan vitamin B1 yang kamu butuhkan setiap harinya.

Leave a Reply