Berapa Berat Badan Ideal Pada Bayi Normal ?

Beberapa hari setelah kelahiran, bayi akan mengalami penurunan berat badan, kamu tak perlu khawatir hal ini dapat dikatakan sebagai kondisi normal pada bayi. Dan setelah 2 minggu setelah kelahiran, berat bayi akan naik kembali seperti pada saat lahir.

Penting bagi orang tua untuk menjaga agar berat badan si bayi terus naik. Hal ini dapat menunjukan bahwa bayi tersebut mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Pada umumunya setiap bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang berbeda, dan juga dengan masa pertumbuhannya. Biasanya bayi akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan pada tiga bulan pertama.

Pertumbuhan pada bayi memang sangatlah cepat, jika pada saat lahir beratnya 3 kg makan pada saat usia sebulan brat bayi dapat mencapai 3,7 – 4 kg. Agar orang tua dapat lebih mudah mengontrol pertambahan berat badan yang normal, sebaiknya orang tua memiliki sebuah buku posyandu.

Dimana didalam buku tersebut ada diagram parabola untuk mengetahui pertambahan berat badan yang normal dan sesuai dengan pertambahan umurnya.

Berat Badan Bayi Yang Normal Sesuai Dengan Usianya

Berapa berat badan idal pada bayi normal

Berat badan ideal pada bayi normal – dik.my.id

Berat badan pada bayi yang normal selalu berubah seiring pertambahan usianya. Berikut ini berat badan pada bayi yang ideal yang disesuaikan pada usianya.

  • Bayi yang baru lahir ( 1-4 minggu ), pada minggu tersebut sebagian bayi akan mengalami penurunan berat badannya beberapa ons. Setelah itu berat badan nya akan kembali naik menjelang pada usia 2 minggu.
  • Ketika bayi pada usia 1 bulan. Dari usia ini sampai 6 bulan kedepan, pertumbuhan tinggi bayi akan terus bertambah sekitar 2,5 cm setiap minggunya. Begitu pun dengan berat badannya, berat badan bayi akan terus bertambah sekitar 130 – 200 gram per minggunya. Beratnya akan terus bertambah sesuai dengan kebiasaan makan bayi yang berlangsung dengan baik.
  • Memasuki usia 2 bulan. Ketika berat badan bayi yang terus bertambah setiap minggunya. Kamu dapat berkonsultasi pada dokter anak tentang pemberian makannya. Hal ini terutama jika berat badan bayinya tidak bertambah dengan semestinya.
  • Pada usia ke 3 bulan. Pertambahan berat bayi akan mengalami penurunan sekitar 133 gram per minggunya. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa bulan ke depan bahkan sampai bayi memasuki usia ke 7 bulan.
  • Pada usia ke 4 bulan, kenaikan pertambahan berat badannya masih seperti bulan-bulan sebelumnya.
  • Ketika usia bayi telah 5 bulan. Berat pada bayi yang normal ketika usianya telah 5 bulan beratnya akn 2 kali lipat dari berat pada saat bayinya lahir. Dianjurkan untuk memeriksanya kedokter anak untuk mengetahui berat badan yang ideal pada usianya. Jika hasilnya dibawah standar, kamu dapat berkonsultasi tentang penyebab dan solusinya.
  • Ketika usia bayi memasuki 6 bulan, tinggi badan bayi akan terus miningkat sekitar 1 cm dan pertambahan berat badan sekitar 85 – 140 gram.
  • Pada usia bayi ke 7 bulan, berat badan bayi akan terus bertambah sekitar 900 gram setiap bulannya. Kamu disarankan untuk melihat perkembangan berat badan bayimu. Jika beratnya kurang dari 900 gram atau lebih dari 2,7 kg. Maka disarankan agar kamu berkonsultasi kepada dokter anak untuk mengetahui penyebanya.
  • Saat usia 8 bulan, berat badan bayi mestinya akan terus bertambah sehingga ketika usianya memasuki 1 tahun berat badannya menjadi 3 kali lipat dari berat pada asaat lahir.
  • Diusia 9 bulan, dianjurkan untuk memberikan makanan selingan, diantara waktu makan pagi dan makan malam. Agar dapat menjaga pertambahan berat badan bayinya.
  • Pada usia ke 10 bulan. Pertambahan berat badan bayi akan mengalami perlambatan. Hal itu dikarenakan aktifitas pada bayi menjadi banyak. Pada usia ini bayi sudah mulai dapat merangkak dan berdiri dengan bantuan seperti kursi, meja dan lain-lain.
  • Ketika pada usia 11 dan 12 tahun, semestinya berat badan bayi pada usia ini adalah 3 kali lipat dari berat pada saat lahinya.

Berat Badan Bayi Tidak Bertambah

Jika berat badan bayi tidak bertambah, atau bahkan justru menurun. Kamu tidak perlu panik dulu, karena berat badan bayi dipengaruhi oleh beberapa aspek. Dan salah satunya adah asupan yang diterima oleh bayi itu sendiri.

Jika dibawah 6 bulan berat badan bayi tidak mengalami pertambahan, coba kamu amati bagaimana asupan asi yang diberikan pada bayi tersebut. Cukup atau tidak ?

Pada saat bayi dibawah 6 bulan dan berat badannya tidak bertambah, kamu sebaiknya jangan terburu – buru untuk memberikan vitamin pada bayinya. Atau bahkan menambahkan asupan dengan menggunakan susu formula.

Dari hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa kebutuhan gizi bayi pada saat lahir sampai 6 bulan akan terpenuhi dengan ASI. Maka kamu tidak perlu menambahkan susu formula atau makanan pendamping ASI.

Pemberian makanan, ketika bayi masih dini dapat memberikan resiko, seperti alergi. Hal itu dikarenakan sistem pencernaan bayi yang masih sangat lemah. Jika bayi mendapatkan makanan ketika usianya masih dibawah 6 bulan, otomatis menyusui bayinya juga kan berkurang. Padahal ASI memiliki banyak manfaat seperti untuk kekebalan bayi dan zat – zat yang pentung dibutuhkan oleh bayi.

Ketika menjadi orang tua kamu harus peka dan sigap pada kondisi anak. Wajar jika kamu cemas dalam berat badan bayimu, Apakah normal ? Walaupun begitu kamu tidak perlu panik karena semuanya ada patokannya. Jika kamu masih binggung dan bimbang sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter anak. Agar mendapatkan infromasi yang lebih terperinci. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply