Minggu, 01 Oktober 2017

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Rambut

Tags

Lidah buaya atau dikenal juga sebagai aloe vera merupakan jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di area kering. Selain dapat memperindah pekarangan rumah, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sejak zaman dahulu, lidah buaya telah dipercaya dapat mengatasi beragam permasalahan seperti pada rambut dan kulit.

Seiring berkembangannya teknologi dan ilmu pengetahuan, lidah buaya tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk sekedar dua permasalahan sebelumnya. Kini lidah buaya juga dimanfaatkan untuk dibuat minuman, makanan, hingga bahan baku produk kecantikan dan kesehatan.

Bagian lidah buaya yang paling umum dimanfaatkan yaitu bagian gel dan lateks. Kedua bagian ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Gel merupakan bagian yang berada pada bagian tengah kulit lidah buaya dan memiliki bentuk seperti jeli berwarna bening. Gel lebih sering diproduksi dalam bentuk cream, lotion, ataupun salep. Sedangkan lateks merupakan bagian yang bisa ditemukan tepat pada bawah kulit lidah buaya. Berbeda dengan gel, lateks umumnya lebih sering diproduksi dalam bentuk suplemen.

Manfaat Lidah Buaya - makeupandbeauty.com


Apakah Lidah Buaya Aman Untuk Dikonsumsi Semua Orang?

Meskipun berasal dari tumbuhan alami, faktanya produk lidah buaya tidak dapat dikonsumsi begitu saja oleh semua orang. Pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, mengkonsumsi lidah buaya justru dapat memicu munculnya permasalahan baru.

1. Ibu hamil
Saat dalam kondisi mengandung, ada baiknya ibu untuk menghindari konsumsi lidah buaya. Ada sebuah laporan yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab terjadinya keguguran yaitu dapat disebabkan oleh konsumsi lidah buaya.

2. Anak-anak
Pada beberapa kasus, mengkonsumsi lidah buaya dapat memicu terjadinya sakit perut dan diare pada anak-anak. Bila ingin mengkonsumsi produk lidah buaya, ada baiknya untuk mengikuti anjuran dari dokter.

3. Penderita gagal ginjal 
Seorang penderita gagal ginjal dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi lidah buaya secara berlebihan. Kandungan lateks pada lidah buaya dapat mempengaruhi kondisi ginjal menjadi semakin buruk.

4. Penderita wasir
Seseorang yang sedang mengalami sakit wasir, sebaiknya tidak mengkonsumsi lidah buaya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena kandungan lateks pada lidah buaya, justru dapat memperburuk kondisi wasir kamu.

5. Masalah usus
Kandungan lateks pada lidah buaya dapat membuat iritasi pada usus semakin parah.

6. Menjelang Operasi 
Konsumsi lidah buaya dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah seseorang. Agar proses operasi dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya untuk menghindari mengkonsumsi lidah buaya menjelang proses operasi.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Mengurangi racun dalam tubuh
Setiap harinya tubuh manusia selalu terpapar racun yang dapat membahayakan tubuh, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam. Untuk itu diperlukan adanya detoksifikasi atau proses pengurangan racun dalam tubuh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan detoksifikasi, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan baik dalam membantu proses detoksifikasi. 

2. Menjaga kesehatan kardiovaskular
Jika berbicara tentang kardiovaskular, maka erat kaitannya dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular merupakan jenis penyakit yang tak jarang menyebabkan kematian. Lidah buaya memiliki manfaat dalam menjaga peredaran darah tetap lancar, meningkatkan oksidasi darah, menjaga kolesterol dan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi lidah buaya secara rutin, kamu bisa mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Menjaga kadar asam tubuh
Agar kadar asam dalam tubuh dapat terjaga dengan seimbang, maka diperlukan adanya alkalisasi. Alkalisasi merupakan suatu proses yang bermanfaat untuk membuat asam dalam tubuh tetap terjaga keseimbangannya. Kabar baiknya, lidah buaya merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki sifat alkali yang baik untuk menjaga tingkat keasaman tubuh.

4. Meningkatkan imun tubuh
Lidah buaya merupakan jenis tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh. Konsumsi lidah buaya secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekebalan imun tubuh, sehingga menjadikan tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

5. Mengatasi peradangan
Jika kamu memiliki masalah peradangan seperti bengkak dan nyeri sendi, kamu bisa mengkonsumsi lidah buaya untuk mengkonsumsinya. Lidah buaya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa nyeri tanpa adanya efek samping.

6. Melancarkan pencernaan
Lidah buaya memiliki manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi lidah buaya, pencernaan akan menjadi lebih sehat dan buang air menjadi lebih lancar.

7. Membantu Penderita Diabetes
Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang didapat akibat penerapan pola hidup yang buruk. Lidah buaya dipercaya mampu untuk membantu pasien diabetes dalam menjaga kadar gula dalam darah. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki 3 kandungan bermanfaat, yaitu lektin, mannans, dan anthraquinones.

8. Sumber Asam Amino
Untuk dapat membangun protein, tubuh membutuhkan 20 kandungan asam amino yang berbeda. Akan tetapi, 8 dari 20 kandungan asam amino tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara mandiri. Agar kandungan tersebut dapat terpenuhi, maka kamu bisa mendapatkannya dari beberapa sumber seperti pada lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan asam amino esensial dan asam amino total yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

1. Menghilangkan ketombe
Hingga saat ini, ketombe masih menjadi salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kulit mati dan jamur. Untuk dapat mengatasi ketombe, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan anti jamur dan sifat alkalizing pada lidah buaya, dapat membuat jamur tidak dapat berkembang pada kulit kepala dan membuat ketombe menjadi berkurang.

2. Membuat rambut lebih sehat
Sejak zaman dahulu, lidah buaya telah dipercaya dan digunakan untuk membuat rambut menjadi lebih sehat. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya hasil penilitian dari Universitas of Hawaii yang mengungkapkan bahwa lidah buaya memiliki kandungan enzim yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. 

Enzim yang dimaksud adalah enzim proteolitik. Enzim ini dapat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati. Sel-sel kulit mati inilah yang menjadi penyebab tersumbatnya folikel rambut dan membuat rambut menjadi sulit tumbuh.

Lidah buaya juga memiliki sifat alkalizing yang dapat memicu pH pada rambut menjadi lebih baik. Selain itu, dengan menggunakan lidah buaya, kelembaban air pada rambut akan terjaga dengan baik. Maka tak heran apabila banyak orang yang menggunakan media lidah buaya untuk menjaga pertumbuhan rambut.

3. Sebagai conditioner
Lidah buaya dapat digunakan sebagai conditioner alami yang bisa membuat rambut menjadi lebih sehat. Gel pada lidah buaya memiliki kandungan mirip keratin atau protein alami yang baik bagi rambut. Selain itu, penggunaan lidah buaya secara rutin juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok.

4. Mengurangi rasa gatal
Apakah kamu memiliki permasalahan dengan kulit kepala yang gatal? Jika iya, maka lidah buaya bisa menjadi salah satu solusinya. Menurut hasil penelitian pada Archives of Dermatology mengatakan bahwa lidah buaya dapat membuat 80% dari pasien psoriaris menjadi lebih baik. Lidah buaya memiliki sifat anti pruritus yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu, lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi peradangan.

5. Mengatasi peradangan kulit kepala
Manfaat lainnya dari lidah buaya yaitu dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit kepala. Bila kamu memiliki kulit kepala yang sensitive, kamu bisa mengatasinya dengan lidah buaya. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan bradykinase, enzim analesgic, anti inflamasi, anti bakteri, dan asam salisilat. 


EmoticonEmoticon