Senin, 11 September 2017

17 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Saat ini banyak orang yang melakukan kegiatan berlari atau jogging tidak hanya sebagai sarana olahraga, namun juga sudah menjadi gaya hidup. Olahraga lari dapat dilakukan tanpa harus memiliki kemampuan khusus dan juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, maka tak heran apabila olahraga ini banyak digemari.

Hampir di setiap kota besar, kamu bisa menemukan komunitas lari yang umumnya memiliki beragam program yang dapat kamu ikuti, seperti marathon atau hanya sekedar berlari bersama.

Jika kamu termasuk orang yang bekerja dengan waktu yang cukup padat, olahraga lari di pagi hari bisa menjadi pilihan kamu. Bangunlah lebih awal dan luangkan waktu sekitar satu jam untuk berlari. Selain mudah untuk dilakukan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar, menjadikan lari sebagai rutinitas juga bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan kamu dengan lebih cepat.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, berlari dengan kecepatan rata-rata 8 kilometer perjam, bisa membakar sebanyak 295 kalori. Sedangkan apabila kamu berjalan dengan kecepatatan rata-rata 5,5 kilometer perjam, maka kalori yang terbakar yaitu sebanyak 140 kal.

Agar proses penurunan berat badan dapat lebih maksimal, lakukan olahraga lari sebanyak tiga kali dalam seminggu. Untuk pemula, kamu bisa menerapkan cara jalan – lari – jalan  saat akan memulai aktivitas berlari. Sebagai permulaan, kamu bisa berjalan selama dua menit, kemudian berlari satu menit, dan dilanjutkan dengan berjalan dua menit.

Manfaat Lari Pagi - intraining.com.au

Manfaat lari pagi tidak hanya sebatas dapat membantu menurunkan berat badan, namun juga masih banyak lagi. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari olahraga lari pagi :

1. Membuat umur lebih panjang
Olahraga lari pagi yang dilakukan secara rutin, dipercaya dapat memperpanjang umur seseorang. Saat kamu berlari, maka dapat bermanfaat untuk membuat aliran darah ke otak menjadi lancar, jantung menjadi lebih sehat, dan dapat mengurangi stress. Secara perlahan metabolisme tubuh akan meningkat dan akan memperkecil risiko diserang beragam jenis penyakit, baik ringan hingga kronis.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk memompa aliran darah ke tiap-tiap bagian tubuh. Apabila jantung dalam tubuh kamu tidak sehat, maka akan berpotensi terjadinya beragam penyakit mematikan seperti serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan lain-lain.

Lari pagi merupakan salah satu cara agar dapat terhindar dari beragam jenis penyakit mematikan tersebut. Lari pagi sejauh 16 kilometer dalam seminggu diketahui dapat mengurangi risiko terkena gangguan jantung hingga 34 persen dan dapat mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh. Selain itu, rutin berlari pagi juga dapat mencegah terjadinya obesitas.

3. Mencegah terjadinya impotensi
Impotensi merupakan jenis penyakit disfungsi seksual yang dialami oleh seorang laki-laki dewasa. Impotensi dapat disebabkan oleh banyak factor, seperti factor fisik, psikologis, stress dan depresi. Penyebab impotensi karena faktor fisik dapat terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah dan hormone yang tidak seimbang.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan olahraga lari secara rutin di pagi hari. Berlari pagi dapat mengatasi stress yang kamu alami dan meningkatkan metabolism dalam tubuh. Selain itu, lari pagi juga dapat membakar kalori yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah sejumlah 3.000 kalori.

4. Meningkatkan kepadatan tulang
Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab terjadinya osteoporosis adalah karena jarang berolahraga. Orang yang jarang berolahraga, memiliki kepadatan tulang yang rendah, sehingga menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Salah satu olahraga yang baik untuk meningkatkan kepadatan tulang adalah lari pagi. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kepadatan tulang seorang pelari lebih baik bila dibandingkan dengan kepadatan tulang para pesepeda. Namun, hal tersebut bukan berarti bersepeda tidak baik. Bersepeda merupakan jenis olahraga yang baik, akan tetapi lebih bagus lagi apabila dikombinasikan dengan berlari sesekali.

5. Mencegah terjadinya kepikunan
Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi pikun yaitu dengan lari pagi. Berdasarkan sebuah jurnal dari American Geriantics Society mengatakan bahwa seseorang yang memiliki rutinitas berlari pada saat remaja, maka akan mengurangi risiko mengalami pikun disaat usia lanjut.

Lari pagi memiliki fungsi yang akan merangsang kinerja otak yang berkaitan dengan daya ingat seseorang sehingga menjadikannya tidak mudah lupa. Itulah mengapa orang lanjut usia tidak disarankan untuk berdiam diri sepanjang hari dan dianjurkan untuk tetap bergerak, karena salah satunya yaitu untuk mencegah kepikunan.

6. Mengatasi insomnia atau sulit tidur
Jika setiap malam kamu sering mengalami susah tidur atau tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, cobalah untuk melakukan lari di pagi hari untuk mengatasinya. Menurut hasil penelitian yang dilakukan para ahli, lari pagi dapat mengatasi terjadi insomnia. Orang yang rutin lari pagi, akan lebih cepat tidur dan bisa tidur lebih nyenyak setiap malamnya.

7. Membakar kalori dalam tubuh
Setiap harinya manusia membutuhkan kalori sebagai bahan bakar atau sumber energy untuk dapat beraktivitas. Kebutuhan kalori harian setiap manusia berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas yang dilakukan, dan lain-lain.

Kekurangan kalori dapat menyebabkan tubuh mengalami penurunan berat badan dan menurunnya kerja organ tubuh. Sedangkan apabila kalori dalam tubuh berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan beragam permasalahan seperti obesitas dan bisa memicu terjadinya penyakit degenerative (jantung, stroke, dll).

Maka dari itu, penuhi kebutuhan kalori agar tidak kurang dan lakukan olahraga rutin agar tubuh tidak mengalami kelebihan kalori.

8. Melindungi diri dari serangan penyakit
Menurut hasil studi yang dilakukan oleh pakar dari Swedia mengatakan bahwa seseorang yang jarang melakukan olahraga lari akan lebih rentan terkena flu bila dibandingkan dengan orang yang rutin berolahraga lari. Hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh metabolisme tubuh pelari yang lebih baik, karena lebih sering dilatih saat berlari.

9. Melancarkan pernapasan
Salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan pernapasan menjadi lebih baik adalah lari pagi. Saat sedang berlari, maka tubuh terbiasa untuk menghirup oksigen lebih banyak dari sebelumnya. Mungkin saat baru memulai lari pagi kamu akan merasakan seperti tersengah-sengah, namun itu merupakan hal yang wajar. Jika kamu melakukan lari pagi secara rutin, maka secara perlahan pernapasan kamu juga akan mengalami peningkatan.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Agar tubuh dapat lebih kebal dari beragam serangan penyakit, maka dibutuhkan metabolisme dan imun tubuh yang kuat. Agar dapat meningkatkan kedua faktor tersebut, maka kamu bisa secara rutin melakukan lari pagi. Tidak hanya itu, agar imun tubuh dapat meningkat, kamu juga harus memenuhi faktor nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

11. Mencegah terjadinya obesitas
Salah satu cara agar diet yang kamu lakukan dapat lebih cepat sukses, kamu bisa menambahkan pola latihan lari di pagi hari. Olahraga lari pagi terbukti sangat efektif dalam membakar kalori tubuh. Saat berlari, bagian tubuh yang umumnya lebih menyimpan banyak lemak, seperti pada bagian perut, paha, dan akan terbakar lebih cepat dan terhindar dari berat badan berlebih.

12. Meningkatkan Stamina
Agar stamina tubuh kamu dapat lebih baik, lari merupakan salah satu solusi yang bisa kamu lakukan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Amerika Serikat mengatakan bahwa seorang yang rutin berlari akan dapat meningkatkan energi tubuh hingga 65%. Selain itu, lari pagi juga dapat membuat kamu lebih fresh seharian dan dapat lebih focus saat bekerja.

13. Menghindari stress berlebihan
Rutin melakukan lari pagi, terbukti dapat membantu keadaan emosional seseorang menjadi lebih baik. Lari pagi dapat membuat pikiran lebih rileks dan menjadi lebih tenang dalam menghadapi sesuatu. Selain itu, saat sedang berlari, tubuh juga memproduksi hormone endorphin. Hormon ini merupakan jenis hormone yang bisa menimbulkan rasa bahagia seseorang.

Agar lari pagi dapat lebih menyenangkan, kamu bisa berlari sambil mendengarkan music, bersama teman ataupun bergabung dengan komunitas lari yang ada di kota kamu.

14. Meningkatkan nafsu makan
Seseorang yang aktif dalam berolahraga, maka akan memiliki metabolism tubuh yang lebih baik dan membuat nafsu makan lebih meningkat. Setelah berlari, usahakan jangan langsung makan makanan berat. Agar makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka waktu makan yang tepat adalah 30 menit hingga satu jam setelah berolahraga.

15. Mencegah terjadinya penuaan
Semakin bertambah umur seseorang, maka secara perlahan kekuatan otot dan tulang akan semakin berkurang. Berlari setiap pagi hari merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah hal tersebut terjadi terlalu awal. Lari pagi dapat membuat aliran darah lebih lancar, membuat kulit tampak muda, dan menjaga kepadatan tulang.

16. Meningkatkan percaya diri
Bagi beberapa orang, perut buncit dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan latihan olahraga kardio seperti lari pagi yang terbukti dapat membakar lemak pada perut lebih cepat. Dengan tubuh yang ideal, tentunya kamu akan menjadi lebih percaya diri.

17. Meningkatkan konsentrasi
Saat kamu sedang dalam keadaan emosional yang buruk, tentu akan berpengaruh pada konsentrasi saat berpikir. Olahraga lari pagi diketahui dapat membantu dalam memaksimalkan kemampuan otak, membuat lebih fresh, dan menghindari terjadinya depresi.


EmoticonEmoticon