Sabtu, 23 September 2017

Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat Secara Alami

Tags

Tinggi badan manusia akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia dan akan berhenti maksimal pada usia 20 hingga 25 tahun. Setelah melewati batas usia tersebut, maka tubuh tidak dapat bertambah tinggi kembali dengan sendirinya seperti saat masa pertumbuhan.

Namun, apabila saat ini tinggi badan kamu dirasa masih kurang, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat menambah tinggi badan. Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang, seperti faktor keturunan atau genetik, pola hidup, waktu pubertas, adanya penyakit tertentu, dan lain-lain.

Diantara semua faktor yang ada, faktor genetic  memegang peranan paling penting. Dengan melihat tinggi badan orang tua, kamu bisa memperkirakan tinggi badan kamu saat akhir masa pertumbuhan nanti. Seorang ahli pediatrik telah memberikan sebuah rumus untuk dapat memprediksi tinggi seseorang :

  • Wanita : [(Tinggi badan ayah – 12,5 cm) + tinggi badan ibu)] : 2
  • Pria : [(Tinggi badan ibu + 12,5 cm) + tinggi badan ayah)] : 2


Memiliki tinggi badan yang kurang, memang sering menjadi permasalahan tersendiri. Kurangnya tinggi badan dapat menyebabkan tidak dapat meraih cita-cita yang kamu inginkan, seperti untuk menjadi polisi, tentara, pramugari, dan lain-lain. Selain itu, tubuh pendek terkadang juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Saat ini ada banyak produk obat peninggi badan yang dijual secara bebas di pasaran. Kebanyakan orang yang ingin mendapatkan tubuh tinggi dengan cepat, umumnya akan langsung membeli dan mengkonsumsi obat peninggi begitu saja, tanpa memikirkan dampak negative setelahnya. 

Cara meninggikan badan secara instan dengan konsumsi obat-obatan tidak terlalu direkomendasikan, karena cenderung lebih berbahaya dan dapat berdampak pada kesehatan tulang. Sama halnya dengan obat peninggi, penggunaan alat peninggi badan yang terkesan memaksa seperti alat penarik tulang juga kurang direkomendasikan untuk dilakukan.

Jika saat ini kamu masih berada dalam usia remaja atau masa pertumbuhan, ada kemungkinan tinggi badan kamu dapat bertambah lebih cepat dengan melakukan cara-cara yang telah penulis rangkum di bawah. Namun, apabila saat ini kamu sudah berada di atas usia pertumbuhan diantara 25 sampai 30 tahun, maka kamu tidak perlu khawatir. Tinggi badan kamu masih dapat bertambah, hanya saja membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan saat masa pertumbuhan. 

Ada beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk meninggikan badan, antara lain: penerapan gaya hidup dan pola makan sehat, berolahraga rutin, dan melakukan pola latihan dengan gerakan tertentu.

Pola Hidup Sehat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meninggikan badan, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Banyak orang yang menganggap remeh pola hidup sehat, padahal untuk dapat meraih tubuh yang ideal, pola hidup sehat memegang peranan yang cukup penting.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk merubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat :

1. Melakukan pemeriksaan rutin
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat bermanfaat untuk mengetahui penyakit yang kamu alami sejak dini. Selain itu, apabila kamu merasakan gejala-gejala tertentu pada tubuh, kamu dapat mengkonsultasikannya pada dokter secara langsung untuk dilakukan pemeriksaan. 

2. Mengontrol rutinitas harian
Dengan melakukan evaluasi kegiatan harian, kamu dapat mengetahui kegiatan apa saja yang cenderung memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan kamu. Contohnya yaitu seperti terlalu lama bekerja di depan computer, kurang olahraga, terlalu banyak begadang, dan lain-lain.

3. Lakukan evaluasi nutrisi harian
Sama halnya dengan mengontrol kegiatan harian, tujuan untuk melakukan evaluasi nutrisi harian yaitu untuk mengetahui apakah makan yang kamu konsumsi sudah baik (nutrisi tercukupi) atau justru sebaliknya. 

4. Hidup di lingkungan yang positif
Lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap gaya hidup dan pola pikir seseorang. Hidup sehat tidak hanya sekedar dilihat dari fisiknya saja, namun juga pada kesehatan mental dan psikologis seseorang. Pilihlah lingkungan yang dapat membawa pengaruh positif pada hidup kamu menjadi lebih baik setiap harinya.  

5. Tinggalkan kebiasaan buruk
Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa kebiasaan seperti merokok, begadang, konsumsi alcohol, dan narkoba dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Namun, banyak yang tidak menghiraukannya. Mulai dari sekarang, cobalah untuk meninggalkan kebiasaan buruk kamu dan menggantinya menjadi kebiasaan yang lebih baik.

6. Istirahat yang cukup
Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan baik pada fisik maupun pikiran. Kurang tidur juga dapat memicu permasalahan lainnya seperti mudah lupa, sulit berkonsentrasi, hingga munculnya penyakit kronis. Maka dari itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur minimal enam hingga 8 jam setiap harinya.

Pola Makan Sehat



Untuk dapat menjalankan aktivitas harian, tubuh membutuhkan asupan energi dari makanan. Selain itu, makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup juga dapat membantu tubuh agar tetap bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain :

1. Protein
Salah satu manfaat mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, yaitu dapat membantu proses meninggikan badan menjadi lebih cepat. Protein memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu dalam memperbaiki sel-sel tubuh dan memicu terjadinya pertumbuhan yang lebih cepat.

Berikut beberapa sumber protein :
  • Telur
  • Gandum
  • Kacang almond
  • Dada ayam
  • Yogurt
  • Susu
  • Daging sapi
  • Ikan
  • Udang

2. Mineral
Tubuh manusia 60% nya terdiri dari air. Air putih memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, minumlah air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 1.5 liter. 

3. Kalsium
Kalsium memiliki peran penting terhadap kesehatan tulang. Konsumsi kalsium yang cukup, dapat membantu menciptakan tulang yang sehat dan kuat. Kalsium juga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis saat memasuki usia lanjut. Ada beberapa sumber kalsium bisa kamu dapatkan :
  • Susu
  • Keju
  • Yogurt
  • Ikan sarden
  • Ikan salmon
  • Tahu
  • Kacang almond
  • Kacang merah
  • Biji wijen

4. Vitamin 
Agar tinggi badan dapat lebih maksimal, kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin dari buah-buahan dan sayuran atau dengan vitamin yang sudah diolah dalam bentuk kapsul.

Olahraga Peninggi Badan

Untuk memicu pertumbuhan tulang agar menjadi lebih cepat, kamu dapat melakukan olahraga rutin. Selain baik untuk kesehatan tulang, olahraga juga dapat membantu kamu untuk terhindar dari beragam jenis penyakit dan membuat bentuk tubuh kamu menjadi lebih ideal. 

Ada beberapa jenis olahraga yang cukup popular dan dipercaya dapat membantu dalam proses meninggikan badan, antara lain :

1. Basket
2. Renang
3. Voli
4. Jogging
5. Lari gawang
6. Lompat jauh
7. Lompat tali
8. Sprint
9. Bersepeda

Gerakan Senam Peninggi Badan

Selain beberapa jenis olahraga di atas, ada beberapa jenis latihan dan senam dengan gerakan tertentu yang dapat meninggikan badan kamu.

1. Squat jump
  • Posisikan badan dalam keadaan jongkok
  • Fokuskan beban pada bagian tumit
  • Dalam keadaan jongkok, kemudian angkat tubuh dengan melakukan gerakan melompat ke atas
  • Segera posisikan tubuh dalam keadaan jongkok kembali dan ulangi gerakan dari awal

2. Squat thrust
  • Gerakan pertama, ambil posisi berdiri
  • Kedua, ubah posisi dalam keadaan jongkok dan arahkan pandangan ke depan
  • Ketiga, berikan tendangan pada kedua kaki ke arah belakang hingga kaki lurus dan posisi badan menjadi seperti pada gambar
  • Keempat, tarik kedua kaki ke dalam dan kembali ke posisi awal

3. Pull up
4. Vertical hanging
5. Cobra stretch
6. Spin stretch forward 
7. Vilates roll over
8. Ankle weight
9. Split


EmoticonEmoticon