Selasa, 05 September 2017

Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur

Tags

Setiap insan membutuhkan tidur malam yang cukup. Lama waktu tidur yang dibutuhkan tiap-tiap orang juga berbeda, tergantung golongan umurnya. Untuk umur orang dewasa, setiap malamnya membutuhkan tidur kurang lebih selama 7-9 jam.

Setiap malamnya kamu harus dapat memenuhi jam tidur kamu agar tidak kurang dan tidak lebih terlalu lama. Tentu saja jika hal tersebut terjadi, maka akan memiliki dampak tertentu bagi kesehatan kamu. Terlebih apabila tubuh sering kekurangan tidur, maka akan meningkatkan risiko kamu terkena serangan jantung.

Tentu saja itu bukan sekedar omong kosong atau untuk menakut-nakuti saja. Apabila tubuh kamu mengalami kurang tidur selama 3 hari, maka metabolisme dan hormone dalam tubuh akan mengalami ketidakseimbangan dan terganggu

Meskipun tidur merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, akan tetapi pada sebagian orang, tidur merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Jika kamu termasuk salah satu orang yang sulit untuk dapat tidur di malam hari, maka kamu termasuk orang yang sedang mengalami insomnia.

Maka dari itu penulis akan memberikan beberapa cara ampuh untuk mengatasi gangguan susah tidur yang kamu alami, agar malam-malam selanjutnya kamu bisa kembali merasakan tidur yang berkualitas. Namun sebelum itu ada baiknya kamu untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia - butobu.rs

Apa itu Insomnia?

Insomnia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang dialami oleh seseorang yang menyebabkan orang tersebut menjadi sulit tidur atau dan / atau tidak dapat mempertahankan tidur dengan nyenyak.

Meskipun telah mencoba untuk memejamkan mata, namun setelah beberapa jam mata tetap tidak dapat terlelap. Akibatnya maka jam tidur kamu akan berubah total dan menjadi sangat berantahkan. Mulai dari jam tidur yang berantahkan dan kurang inilah yang membuat beragam penyakit lebih mudah menyerang tubuh kamu.

Apa Penyebab Terjadinya Insomnia?

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi terjadinya insomnia pada seseorang, antara lain :
  • Terlalu memforsir diri memikirkan masalah akibat depresi dan stress
  • Merasa gugup karena akan menghadapi sesuatu keesokan harinya. Seperti ujian atau pun acara yang kamu nanti-nanti.
  • Tidur siang terlalu lama juga bisa menyebabkan kamu menjadi tidak mengantuk pada malam hari
  • Mengkonsumsi makanan berat dan konsumsi minuman berkafein menjelang waktu tidur bisa menjadi gangguan tidur kamu
  • Adanya gangguan penyakit kronis tertentu
  • Mengalami sindrom kaki gelisah

Cara Mengobati Insomnia Dengan Cepat

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah sulit untuk dapat mengatasi insomnia yang sedang kamu alami? Jawabannya adalah tidak. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara secara rutin hingga pola tidur kamu dapat kembali normal.

1. Mengkonsumsi obat tidur
Cara paling mudah dan praktis untuk dapat mengatasi insomnia yaitu dengan mengkonsumsi obat tidur. Cobalah untuk mengkonsumsi obat-obatan herbal yang memiliki efek samping lebih minim. Namun apabila kamu ingin mengkonsumsi obat tidur kimia, pastikan kamu telah mendapatkan dosis sesuai dengan resep dokter.

2. Dekorasi ulang kamar kamu
Mendokarasi ulang dan mengganti warna cat kamar, tidak ada salahnya untuk kamu lakukan. Memiliki warna dinding kamar yang sesuai dengan warna kesukaan kamu, akan meningkatkan rasa nyaman dan betah. Karena pada dasarnya, dalam ilmu psikologi, warna termasuk salah satu hal yang dapat mempengaruhi psikologi pada seseorang.

Jika kamu bingung untuk menentukan warna apa yang tepat untuk kamu gunakan, penulis merekomendasikan kamu untuk menggunakan warna yang bersifat menenangkan dan sejuk seperti warna hijau muda dan biru.

3. Gunakan kasur yang nyaman
Kasur merupakan salah satu barang yang mengalami kontak langsung dengan tubuh kamu. Kasur yang nyaman tentunya juga akan membuat tidur kamu lebih nyaman dan nyenyak.

Maka dari itu, pilihlah kasur yang sesuai dengan kenyamanan kamu, seperti kasur yang tidak terlalu keras dan tentunya tidak membuat punggung menjadi sakit.
Selain itu, rutinlah untuk menjemur bantal dan kasur kamu di bawah terik matahari agar tidak ada tungau atau kutu yang hidup di sela-sela kasur dan bantal kamu.

4. Kurangi cahaya berlebih
Menurut hasil survey yang dilakukan oleh sebuah instansi di Amerika Serikat, 40% dari orang yang mengalami insomnia disebabkan karena tidak dapat tidur akibat lampu yang terang.

Agar bisa tidur lebih cepat, kamu bisa mematikan lampu saat akan tidur. Hal ini juga baik untuk kesehatan kamu, karena saat tidur dengan kondisi lampu padam akan memaksimalkan kerja beberapa hormone tertentu yang hanya dapat bekerja saat tidur dengan kondisi gelap.

Akan tetapi, bila kamu termasuk orang yang sulit atau bahkan tidak bisa tidur dalam kondisi lampu dimatikan, kamu bisa menggunakan lampu tidur yang redup agar membuat mata lebih cepat mengantuk.

5. Gunakan jam digital
Bagi sebagian orang, mungkin pemasangan jam analog atau jam dinding di area kamar masih termasuk efektif dalam mengingatkan waktu. Namun tidak sedikit pula orang yang mengalami insomnia yang disebabkan karena pemasangan jam dinding di dekat tempat tidur.

Kurang lebih sekitar 50% dari orang yang mengalami gangguan tidur disebabkan karena suara jarum jam tiap detiknya. Sebagai solusinya, kamu bisa menjauhkan jam dinding dari tempat tidur atau kamu bisa juga mengganti jam dinding analog kamu dengan jam digital.

6. Hindari penggunaan gadget
Di era yang serba digital saat ini, gadget telah menjadi penunjang beragam kegiatan kita. Namun tidak jarang pula, gadget justru menimbulkan dampak negatif, salah satunya yaitu bisa menyebabkan kamu menjadi kesulitan tidur.

Penggunaan gadget menjelang tidur akan membuat kamu tetap terjaga dan lupa dengan waktu. Kamu bisa saja bermain gadget selama 1 jam tanpa kamu sadari dan hal tersebut akan membuat jam tidur kamu berkurang. Jauhkan gadget kamu saat menjelang tidur agar kamu bisa berfokus untuk tetap terlelap dan tidak terganggu apabila ada notifikasi yang masuk.

7. Jaga kerapian
Kondisi tempat tidur yang berantahkan mungkin menjadi suatu hal yang mengganggu bagi seorang wanita. Namun hal tersebut berbanding terbalik bagi pria. Kasur yang berantahkan justru menjadi hal yang biasa saja.

Apabila kamu termasuk tipe orang dengan kamar yang berantahkan, mulai saat ini cobalah untuk merapikannya setiap bangun tidur. Menurut hasil penelitian yang dilakukan para ahli, 25% orang yang mengalami insomnia memiliki kondisi kamar yang berantahkan.

8. Sirkulasi udara
Kamar yang nyaman, tentunya memiliki sirkulasi udara yang baik pula. Membersihkan kamar dengan rutin setiap minggu, baik untuk menjaga udara dalam kamar agar tetap bersih dan tidak bercampur dengan debu. Sehingga tidur dapat lebih nyaman karena pernapasan lebih lancar.

9. Jangan makan sebelum tidur
Makan memang merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh kita. Namun tentunya makan juga tidak boleh sembarang waktu dan harus dalam jam yang teratur agar tetap dapat dicerna dengan baik. Hindari mengkonsumsi makanan berat minimal 2 hingga 3 jam sebelum tidur.

Hal ini bertujuan agar makanan tetap dapat dicerna dengan baik oleh tubuh dan tidak membuat perut menjadi lebih aktif saat menjelang tidur. Jika saat akan tidur kamu merasa lapar, cobalah untuk minum air putih beberapa gelas. Namun jika tidak berhasil juga dan masih merasa lapar, kamu bisa mengkonsumsi makanan ringan untuk pengganjal perut sementara.

10. Hindari minum kopi
Seperti yang telah kita ketahui bersama, kopi merupakan jenis minuman yang di dalamnya terdapat kandungan kafein. Kandungan ini dapat membuat seseorang yang meminumnya menjadi lebih waspada, terjaga, dan tidak mengantuk. Untuk itu, hindari mengkonsumsi kopi menjelang tidur. Waktu yang baik untuk meminum kopi yaitu di pagi hari (bukan setelah bangun tidur) dan di siang hari.


EmoticonEmoticon