Minggu, 20 Agustus 2017

7 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

Tags

Haid adalah perubahan fisiologis pada wanita yang ditandai dengan terjadinya pengeluaran darah dari rahim. Perubahan ini terjadi karena adanya pengaruh dari hormon reproduksi. Seorang wanita biasanya akan mulai mengalami haid pertama di usia pubertas, yaitu usia 9-17 tahun dan akan berulang setiap bulannya.

Cara Melancarkan Haid - hellosehat.com

Ciri-Ciri Haid yang Normal

Kebanyakan wanita normal pada umumnya akan mengalami siklus menstruasi dengan rata-rata setiap 28 hari. Namun pada beberapa wanita ada pula yang mengalami menstruasi lebih cepat, yaitu 21 hari dan ada pula yang lebih lama hingga 30 hari.

Haid normal biasanya terjadi paling cepat 2-7 hari dan paling lama yaitu 15 hari. Namun jika dirata-rata, kebanyakan wanita normal mengalami menstruasi dalam 5 hari.

Darah yang dikeluarkan saat haid yaitu 10-80mL setiap harinya. Jika kamu mengalami menstruasi lebih dari 15 hari, biasanya darah yang dikeluarkan tersebut merupakan darah penyakit.

Namun ternyata, tidak sedikit wanita yang mengalami masalah pada saat haid. Beberapa masalah yang sering keluhkan, seperti haid tidak lancar, darah yang dikeluarkan terlalu sedikit/banyak, rasa nyeri pada saat menstruasi, waktu mens terlalu lama/cepat, dan lain-lain.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab masalah haid pada wanita? Padahal ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh jika haid lancar. Simak hingga akhir artikel karena penulis akan membagikan beberapa tips agar haid kamu bisa kembali normal.

Keuntungan Haid Lancar

Berikut beberapa keuntungan jika menstruasi kamu lancar :
  1. Menstruasi yang lancar akan memudahkan seorang pasutri yang sedang merencanakan ingin segera mendapatkan momongan dengan cara menghitung masa subur sang istri.
  2. Sebaliknya dari poin 1, seorang pasutri juga lebih mudah untuk mengetahui kapan istri mengalami masa tidak subur yang juga bermanfaat sebagai kontrasepsi alami.
  3. Haid yang lancar pada wanita biasanya juga menandakan bahwa metabolisme pada tubuh wanita tersebut sedang dalam kondisi yang baik.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Lantas, apa sebenarnya yang dapat menyebabkan menstruasi tidak normal? Pada umumnya menstruasi yang tidak lancar disebabkan karena tidak seimbangnya hormon estrogen dan hormon progesteron pada tubuh wanita tersebut.

Ada beberapa penyebab tidak seimbangnya kedua hormon diatas, diantaranya :
  1. Stres berlebihan yang mempengaruhi hormon estrogen, progesteron, dan menurunnya gonadotropin relasing hormone (GnRH)
  2. Kelelahan
  3. Diet terlampau ketat
  4. Efek penggunaan KB
  5. Meningkatnya hormon prolaktin pada ibu menyusui
  6. Keadaan pra menopause
  7. Memiliki penyakit pada saluran reproduksi. Contoh: kista, polip, dan lain-lain.

Cara Memperlancar Haid

Saat ini ada banyak sekali cara yang tersedia untuk dapat memperlancar haid yang tidak normal, mulai dari melakukan aktivitas tertentu, mengkonsumsi jamu, hingga obat kimia yang tersedia di apotek. 

Berikut ini beberapa cara untuk melancarkan menstruasi yang telah penulis rangkum dan pastinya aman untuk kamu coba.

1. Perbanyak istirahat
Istirahat yang cukup dapat membantu menjaga hormon estrogen dan progesteron agar kembali normal dan menstruasi menjadi lancar. Istirahat yang cukup juga baik untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan mengurangi stres.

2. Olahraga rutin
Meluangkan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga ternyata memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk memperlancar siklus menstruasi.

Lakukan olahraga ringan seperti jogging, berjalan, berenang, atau yoga. Hindari jenis olahraga yang terlalu berat, karena dapat menyebabkan kelelahan dan membuat menstruasi menjadi tidak lancar.

3. Gunakan pakaian dalam yang nyaman
Saat kamu sedang mengalami haid, pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dan senyaman mungkin saat dipakai (tidak terlau besar/kecil). Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada sat haid.

4. Gaya Hidup Sehat
Menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi, menghindari merokok, tidak meminum minuman alkohol, dan mengurangi kafein, dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat menstruasi kembali teratur.

5. Memperbanyak Air Putih
Selain bermanfaat untuk menghindari dehidrasi, minum air putih di pagi hari diketahui dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Jika metabolisme tubuh baik, maka siklus haid dapat kembali normal.

6. Makanan Pelancar Menstruasi
Ada beberapa makanan yang diketahui bermanfaat untuk melancarkan haid, antara lain:
  • Asam jawa : memiliki manfaat untuk mengencerkan darah haid yang mengental/menggumpal dan berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada saat haid. Asam jawa bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman atau permen.
  • Nanas dan Pepaya : Mengkonsumsi dua jenis buah-buahan ini bermanfaat jika kamu memiliki masalah, yaitu haid yang tidak kunjung datang. Nanas dan pepaya akan membantu merelaksasikan otot-otot, sehingga darah haid lebih mudah keluar.
  • Kacang-kacangan : Kandungan omega 3 dan lemak baik yang terkandung dalam kacang-kacangan membantu dalam melancarkan siklus menstruasi.
  • Sayuran : Orang yang gemar memakan sayur-sayuran hijau, biasanya memiliki siklus menstruasi yang lebih lancar. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi dan zat besi di dalamnya dapat membantu melancarkan menstruasi.

7. Jamu Kunyit
Kunyit memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri alami yang dapat membantu melancarkan haid. Cara membuat jamu kunyit :
  • Rebus 1 liter air dan dimasukkan 2 rimpang kunyit beserta 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok biji pala, dan daun srigading.
  • Saring hasil air rebusan dan minum minimal 1 kali sehari.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon